Timnas Indonesia Ditunggu Lawan Berat di Kualifikasi Piala Asia 2023

Indonesia bersua lagi tim-tim Timur Tengah

Jakarta, IDN Times - Undian babak grup Kualifikasi Piala Asia 2023 tuntas dilaksanakan pada Kamis (24/2/2022). Timnas Indonesia dipastikan mendapat lawan-lawan berat di babak kualifikasi kali ini.

Skuad Garuda tergabung di Grup A bersama Yordania, tuan rumah Kuwait, dan Nepal. Bagi Timnas Indonesia, grup ini terbilang berat. Apalagi, Indonesia memiliki sejarah yang kurang apik ketika bersua tim asal Timur Tengah.

1. Timnas Indonesia tak pernah menang lawan Yordania

Timnas Indonesia Ditunggu Lawan Berat di Kualifikasi Piala Asia 2023Timnas Yordania (twitter.com/JordanFA)

Yordania merupakan salah satu lawan berat Timnas Indonesia di Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Terbukti dari empat pertemuan kedua kesebelasan sejak 2004 silam, tak sekalipun mereka bisa menumbangkan Yordania. 

Seluruh duel yang terjadi antara Timnas Indonesia dan Yordania terjadi dalam laga uji coba internasional. Teranyar, tim besutan Shin Tae Yong harus mengakui keunggulan lawannya itu dengan skor telak 1-4 dalam duel yang dihelat pada 2019 lalu. 

Yordania memang harus diwaspadai oleh Indonesia. Di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022, mereka mampu bersaing apik dengan Australia dan Kuwait, kendati akhirnya tumbang dan hanya mampu finis di posisi ketiga.

Selain itu, Yordania juga sempat membuat kejutan di Arab Cup 2021.Sayang, langkah mereka harus terhenti oleh Mesir, karena kalah 1-3 pada babak delapan besar ajang tersebut.

Baca Juga: [BREAKING] Indonesia Gabung Grup Neraka di Kualifikasi Piala Asia

2. Kuwait selalu menyulitkan

Timnas Indonesia Ditunggu Lawan Berat di Kualifikasi Piala Asia 2023timeskuwait.com

Selain Yordania, lawan berat yang bakal dihadapi Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 adalah Kuwait. Berbeda dengan Yordania, Indonesia sudah bersua Kuwait sejak 1980 silam. Catatan Indonesia juga terbilang lebih ciamik.

Jika Indonesia selalu tumbang di tangan Yordania, beda hal dengan saat mereka bersua Kuwait. Dari enam pertemuan sejak 1980, Indonesia mampu meraih satu kemenangan dan dua hasil imbang. Sisanya, tiga laga berakhir dengan kekalahan.

Terbaru, pada 2009, Indonesia main imbang 1-1 dengan Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2011. Namun, Kuwait yang sekarang harus diwaspadai. Bersama Yordania, mereka jadi lawan kuat bagi Australia di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Tercatat, hanya Nepal saja menjadi lawan yang relatif ringan di grup ini. Tanpa memandang sebelah mata, semestinya Timnas Indonesia bisa melewati rintangan ini dengan mudah.

Namun, semua itu tergantung kekuatan mental skuad Garuda. Sebab, tidak jarang Indonesia terpeleset ketika menghadapi tim-tim yang levelnya di bawah mereka.

3. Pertempuran akan dimulai pada Juni

Timnas Indonesia Ditunggu Lawan Berat di Kualifikasi Piala Asia 2023Skuat Timnas Indonesia. (pssi.org)

Laga Kualifikasi Piala Asia 2023 akan dihelat pada Juni 2022. Indonesia akan memulai perjalanan mereka pada 8 Juni 2022 dengan bersua Kuwait. Kemudian, mereka baru menghadapi Yordania (11 Juni 2022), dan terakhir melawan Nepal (14 Juni 2022).

Agar bisa lolos ke putaran final Piala Asia 2023, Timnas Indonesia wajib menjadi juara grup, atau setidaknya maksimal peringkat kedua terbaik. Sebab, hanya enam juara grup dan lima peringkat kedua terbaik saja yang akan lolos ke putaran final.

Baca Juga: Timnas Indonesia Masuk Pot 3 Kualifikasi Piala Asia 2023

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya