Timnas Indonesia Raih Poin Perdana di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Indonesia sukses tahan imbang Thailand

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia meraih hasil imbang dalam laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Menghadapi Thailand di Stadion Al Maktoum, Dubai, Kamis, 3 Juni 2021 malam, skuad Garuda bermain imbang 2-2.

Gol-gol dalam pertandingan ini dicetak Kadek Agung ('39) dan Evan Dimas ('60) untuk Indonesia, serta Narubadin Weerawatnodom ('5) dan Adisak Kraisorn ('50) untuk Thailand.

Berkat hasil ini, Indonesia berhasil meraih poin perdana di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Baca Juga: Jadwal Aksi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022

1. Indonesia tahan Thailand di babak pertama

Timnas Indonesia Raih Poin Perdana di Kualifikasi Piala Dunia 2022Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (twitter/PSSI)

Kedua tim menurunkan para pemain terbaik mereka sejak awal. Indonesia memainkan Syahrian Abimanyu, Evan Dimas, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, dan Asnawi Mangkualam, sedangkan Thailand memainkan Sarach Yooyen, Adisak Kraisorn, serta Eakkanit Punya.

Pada awal babak pertama, Thailand menekan pertahanan Indonesia. Alhasil, mereka langsung mencetak gol pada awal babak pertama. Bermula dari sepak pojok Ernesto, Narubadin Weerawatnodom berhasil memanfaatkan situasi kemelut di depan gawang Indonesia. Skor 1-0 untuk Thailand.

Tertinggal satu angka, Thailand tidak menurunkan intensitas tekanan mereka. Malah, Thailand terkesan bermain lebih tenang. Mereka dengan luwes menguasai bola dan tidak terpengaruh tekanan pemain Indonesia.

Memasuki pertengahan babak pertama, Indonesia sebenarnya mampu sesekali melepaskan tekanan ke lini pertahanan. Namun, mereka menemukan kesulitan dalam menembus lini pertahanan Thailand yang ketat.

Barulah pada 10 menit akhir babak pertama, Indonesia berhasil menyamakan kedudukan. Bermula dari umpan terukur Syahrian, Kadek Agung yang menerobos kotak penalti sukses memanfaatkan umpan tersebut menjadi gol. Skor 1-1 untuk kedua tim.

Di sisa waktu babak pertama, kedua tim tetap berupaya menambah angka. Namun, hingga wasit meniup peluit akhir babak pertama, skor 1-1 masih bertahan untuk kedua tim.

2. Rapinya pertahanan Indonesia pada babak kedua

Timnas Indonesia Raih Poin Perdana di Kualifikasi Piala Dunia 2022Timnas Indonesia Senior saat tampil di pertandingan (IDN Times/Herka Yanis)

Pada awal babak kedua, Thailand langsung menekan kembali pertahanan Indonesia secara agresif. Alhasil, Thailand lagi-lagi sukses mencuri gol. Berawal dari situasi sepak pojok, Adisak memanfaatkan umpan sundulan dari rekan setimnya untuk membobol gawang Indonesia. Skor berubah 2-1.

Tertinggal satu angka, Indonesia berupaya menyamakan kedudukan. Usaha mereka membuahkan hasil pada menit 60. Berawal dari penetrasi Asnawi, bola mengalir ke kaki Egy. Sepakan Egy yang mengenai pemain Thailand dimanfaatkan Evan Dimas dengan baik. Alhasil, skor 2-2 untuk kedua tim.

Selepas dua gol tercipta pada 15 menit awal babak kedua, perubahan langsung dilakukan Indonesia dan Thailand. Indonesia memasukkan Osvaldo Haay, Muhammad Rafli, dan Adam Alis, sedangkan Thailand memasukkan Supachok Sarachat, Thitipan Puangchan, dan Suphanat Mueanta.

Setelah pergantian dilakukan, kedua tim langsung saling menekan untuk meraih gol ketiga. Thailand jadi tim yang lebih agresif menekan. Di sisi lain, Indonesia mampu memeragakan pertahanan yang apik di tengah gempuran para pemain Thailand ini.

Pertahanan Indonesia memang layak diberikan kredit pada laga ini, Transisi yang mereka lakukan, terutama dari menyerang ke bertahan, begitu rapi. Ketika kehilangan bola, atau menerima serangan balik, mereka langsung menutup ruang gerak dari para pemain Thailand.

Jarang juga terlihat kepanikan dari pemain Indonesia di lini belakang. Berkat ketenangan ini, lini serang Thailand pun mati kutu. Alhasil, pada sisa waktu babak kedua, skor 2-2 untuk Indonesia dan Thailand tetap bertahan.

3. Indonesia sudah ditunggu Vietnam dan Uni Emirat Arab

Timnas Indonesia Raih Poin Perdana di Kualifikasi Piala Dunia 2022Timnas Indonesia Senior saat tampil di pertandingan (IDN Times/Herka Yanis)

Selepas laga melawan Thailand ini, Indonesia tidak boleh langsung bersantai. Sebab, sudah ada dua lawan lagi yang menunggu mereka, yakni Vietnam dan Uni Emirat Arab. Kedua tim ini harus diwaspadai betul oleh Indonesia.

Namun, hasil imbang lawan Thailand ini jadi hal yang patut disyukuri. Sebab, Timnas Indonesia akhirnya mampu meraih poin perdana di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Baca Juga: Timnas Indonesia Berharap Tuah Doa Suporter

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya