Timnas Indonesia Tempur di UEA Dalam Kualifikasi Piala Dunia

AFC sudah tentukan tempat untuk laga sisa kualifikasi

Jakarta, IDN Times - AFC sudah mengonfirmasi negara-negara mana saja yang akan jadi tuan rumah penyelenggaraan laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022. Dari informasi yang dirilis AFC, Indonesia akan main di Uni Emirat Arab.

Dalam keterangan resminya, AFC telah menunjuk delapan negara yang akan jadi penyelenggara laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang menjadi Kualifikasi Piala Asia 2023 pula. Rencananya, laga-laga ini akan dihelat pada 31 Mei sampai 15 Juni 2021.

Delapan negara yang jadi tuan rumah lanjutan Kualifikasi Piala Dunia adalah China, Kuwait, Bahrain, Arab Saudi, Qatar, Jepang, Uni Emirat Arab (UEA), dan Korea Selatan. Pemilihan negara ini berdasarkan proses undian dan rapat yang dilakukan oleh semua anggota AFC di Kuala Lumpur, Malaysia.

Baca Juga: Bek Timnas Indonesia Firza Andika Cabut dari PSM

1. Uni Emirat Arab jadi tuan rumah untuk Grup G

Timnas Indonesia Tempur di UEA Dalam Kualifikasi Piala Dunia(Indonesia VS Uni Emirat Arab) ANTARA FOTO/INASGOC/Arif Nugroho

Dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia tergabung di Grup G bersama Vietnam, Thailand, Malaysia, dan UEA. AFC akhirnya menunjuk UEA sebagai venue sisa laga di Grup G.

Indonesia masih memiliki tiga laga sisa di Kualifikasi Piala Dunia Grup G, yakni menghadapi Thailand, Vietnam, dan UEA. Nantinya, semua laga itu akan dihelat di UEA.

2. Timnas Indonesia akan main pada Juni 2021

Timnas Indonesia Tempur di UEA Dalam Kualifikasi Piala DuniaTimnas Indonesia Senior saat tampil di pertandingan (IDN Times/Herka Yanis)

Menurut jadwal yang sudah disusun oleh AFC, Timnas Indonesia bakal mentas pada 3 hingga 11 Juni 2021. Hal ini memang sudah sesuai dengan pembicaraan yang sempat dilakukan antara PSSI dan beberapa federasi sepak bola negara lain yang berada di Grup G.

Terlepas dari sudah tertutupnya peluang melaju ke babak ketiga, Pasukan Garuda masih bisa mengamankan tempat minimal di peringkat empat fase grup. Artinya, Indonesia masih bisa mengamankan satu tempat di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

3. AFC putuskan laga kualifikasi digelar terpusat

Timnas Indonesia Tempur di UEA Dalam Kualifikasi Piala DuniaSuasana rapat daring komite eksekutif Asian Football Confederation (AFC) pada hari Kamis (10/9/2020). (the-afc.com)

AFC memang sudah memutuskan akan menggelar lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia secara terpusat. Mereka sudah melakukan undian untuk penentuan tuan rumah pada 19 Februari 2021.

Sebelumnya, inisiasi mengenai pemusatan laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini digaungkan oleh Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM). Mereka juga sempat mengajukan usul agar laga kualifikasi diundur ke Juni 2021, sesuatu yang akhirnya memang terealisasi.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2022: Timnas Indonesia Main Juni

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya