Comscore Tracker

Akhiri Latihan di Pakansari, Timnas U-16 Lanjutkan TC 6 Desember 

Pemusatan latihan akan dilanjutkan di Sleman

Jakarta, IDN Times - Timnas U-16 telah menutup rangkaian pemusatan latihan mereka pada November. Pemusatan latihan yang digelar hampir selama satu bulan di Stadion Pakansari ini diisi oleh latihan dan evaluasi selepas Garuda Muda beruji tanding menghadapi Uni Emirat Arab.

Selain diisi evaluasi, pelatih Timnas U-16, Bima Sakti, mengungkapkan bahwa para pemainnya juga dilatih untuk beradaptasi dengan situasi di Piala AFC U-16 kelak. Alhasil, ia banyak menggelar gim internal, yang dipadukan dengan waktu istirahat selama beberapa hari.

"Di TC kita yang terakhir bulan ini, kami mengadakan internal game, beberapa hari sebelumnya kami juga melakukan hal yang sama. Hal ini guna untuk membiasakan anak-anak bagaimana nanti saat menghadapi turnamen Piala Asia U-16," ujar Bima, dilansir situs resmi PSSI.

"Saya juga menyamakan jadwal seperti halnya turnamen tersebut, di mana ada waktu main, istirahat, lalu main kembali. Kemudian, saya juga ingin membiasakan para pemain untuk bermain di perubahan kondisi cuaca, seperti dari sejuk ke panas, yang kita lakukan pagi ini, hingga menjelang siang hari,” tambahnya.

1. Kondisi pemain alami peningkatan

Akhiri Latihan di Pakansari, Timnas U-16 Lanjutkan TC 6 Desember Pelatih TImnas U-16, Bima Sakti (Dok. PSSI)

Bima mengaku puas dengan pemusatan latihan kali ini. Ia mengungkapkan bahwa selama satu bulan terakhir, kekompokan, fisik, dan pemahaman taktik sesama pemain sudah meningkat. Koordinasi lini belakang juga sudah membaik.

"Koordinasi lini belakang yang selama ini menjadi kekurangan kita, saat dua kali bertemu tim UAE U-16 sudah membaik. Di mana tim harus bermain lebih dekat dan rapat lagi dalam bertahan untuk antisipasi serangan balik langsung dari lawan, agar tidak mudah ditembus lawan,” ujar mantan pelatih Persiba Balikpapan ini.

Baca Juga: Mulai 6 Desember 2020, Timnas U-16 Mulai Merumput di Sleman 

2. Pemusatan latihan selanjutnya akan digelar 6 Desember

Akhiri Latihan di Pakansari, Timnas U-16 Lanjutkan TC 6 Desember Pemain-pemain Timnas U-16 (Dok. PSSI)

Setelah rangkaian pemusatan latihan pada November usai, Bima mengungkapkan akan melanjutkan pemusatan latihan pada 6 Desember 2020 nanti. Rencananya, pemusatan latihan ini kemungkinan bakal diselenggarakan di Sleman, Yogyakarta.

Bima pun berharap, di pemusatan latihan Desember nanti, kondisi pemain akan lebh baik lagi. Ia akan terus berusaha membenahi yang kurang dari skuatnya, demi meraih hasil positif di Piala AFC U-16 nanti.

"Hampir sama di setiap pemusatan latihan, kami akan terus memberikan materi latihan fisik (ini yang harus setiap waktu dijaga) saat ini, Alhamdulillah, fisik para pemain semakin meningkat," ujar Bima.

"Semoga saja bisa lebih baik lagi dan yang pasti sampai saat ini koordinasi masih kurang, terutama barisan bertahan, di mana mereka harus sejajar, harus drop back saat lawan melakukan long pass direct. Itu yang nanti akan terus kami perbaiki,” tambahnya.

3. Persiapan menuju Piala AFC U-16

Akhiri Latihan di Pakansari, Timnas U-16 Lanjutkan TC 6 Desember Arkhan Fikri, pemain Timnas U-16 (Dok. PSSI)

Rangkaian pemusatan latihan yang dilaksanakan Timnas U-16 ini merupakan bagian dari persiapan jelang Piala AFC U-16 mendatang. Ajang ini akan dihelat di Bahrain pada 2021.

Indonesia jadi satu-satunya negara asal Asia Tenggara yang tampil di ajang ini. Timnas U-16 nantinya akan tergabung di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan China.

Baca Juga: Pelatnas Timnas U-16, Bima Sakti Fokus Asah Taktik dan Fisik

Topic:

  • Sandy Firdaus
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya