Timnas U-19 Gilas Brunei Darussalam 7 Gol Tanpa Balas!

Skuad Garuda Asia raih kemenangan perdana di AFF U-19

Bekasi, IDN Times - Timnas U-19 Indonesia menang telak dalam laga kedua Grup A Piala AFF U-19 2022. Bersua Brunei Darussalam di Stadion Patriot Candrabhaga, Senin (4/7/2022) malam, skuad Garuda Asia menang dengan skor mencolok 7-0.

Gol-gol di laga ini dicetak oleh Hokky Caraka (2', 15', 19', 45+1'), Ronaldo Kwateh (12'), Arkhan Fikri (20'), dan Alfriyanto Nico (61'), untuk Timnas U-19. Skuad Indonesia akhirnya meraih hasil positif di ajang Piala AFF U-19 2022.

Sejak awal babak pertama, Timnas U-19 langsung menekan lini pertahanan Brunei Darussalam dengan agresif. Dua sisi sayap jadi titik fokus serangan Indonesia. Dari sini juga, gol-gol tercipta untuk skuad Garuda Asia.

Pada menit dua, Indonesia sudah unggul lewat sontekan Hokky Caraka, bekerja sama dengan Kakang Rudianto. Selang 10 menit kemudian, Timnas U-19 menggandakan keunggulan lewat sepakan Ronaldo Kwateh. Indonesia unggul 2-0 saat laga baru berjalan 12 menit.

Selepas itu, skuad Timnas U-19 terus memberondong gawang Brunei dengan gol. Pada menit 15 dan 19, Hokky menambah koleksi golnya lagi lewat sepakan, salah satunya bekerja sama dengan Kakang kembali.

Lanjut pada menit 20, giliran Arkhan Fikri yang mencetak gol, usai bekerja sama dengan Ronaldo Kwateh. Pada menit 21, skor sudah menunjukkan angka 5-0 untuk keunggulan Indonesia. Garuda Asia menggila.

Memasuki menit 25 laga, dominasi masih dicatatkan para pemain Timnas U-19. Namun, mereka tidak seagresif awal babak pertama. Mereka lebih santai dan tidak buru-buru. Di sisi lain, Brunei benar-benar tidak berkutik. Mereka kesulitan mengembangkan permainan.

Jelang babak pertama usai, Indonesia kembali menambah angka. Sepakan Hokky pada menit (45+1') menggenapkan keunggulan enam angka Indonesia atas Brunei. Babak pertama pun berakhir dengan skor 6-0 untuk Timnas U-19.

Memasuki babak kedua, beberapa perubahan dilakukan oleh Timnas U-19. Mereka melakukan beberapa nama baru, seperti Zanadin Fariz, Razzaa Fachrezi, Alfriyanto Nico, serta Ferdiansyah Cecep Saputra. Beberapa perubahan ini tidak menurunkan intensitas skuad Garuda Asia.

Alhasil, gol ketujuh hadir pada menit 61. Lewat aksinya, Alfriyanto Nico sukses membobol gawang Brunei. Skor berubah 7-0 untuk keunggulan Timnas U-19. Mereka makin di atas angin memasuki pertengahan babak kedua.

Di sisi lain, situasi Brunei masih sama dengan babak pertama. Jangankan masuk kotak penalti, memasuki area pertahanan Indonesia saja mereka susah minta ampun. Alhasil, Brunei Darussalam pun kesusahan mencetak peluang.

Memasuki menit 70, dominasi masih ditunjukkan oleh skuad Timnas U-19. Serangan dari sayap masih jadi fokus Indonesia. Banyaknya lubang di area sayap Brunei benar-benar dimanfaatkan oleh tim Merah Putih di laga ini.

Namun, kerja keras dari lini pertahanan Brunei membuat skuad Timnas U-19 kesulitan mencetak gol. Berbagai tekel dan intercept yang dilakukan para pemain bertahan Brunei sukses membuat para penyerang skuad Garuda kelimpungan.

Situasi ini terus berjalan di sisa waktu babak kedua. Kebuntuan yang dialami skuad Timnas U-19 membuat keunggulan 7-0 atas Brunei bertahan sampai laga tuntas. Tim Merah Putih meraih kemenangan perdana di Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga: Shin Tae Yong Akui Finishing Timnas U-19 Masih Buruk

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya