Timnas U-19 Pulang dari Barcelona, Langsung Karantina Mandiri

Hal ini sesuai dengan kebijakan pemerintah

Jakarta, IDN Times - Timnas U-19 berencana pulang dari Barcelona, Spanyol, dengan menggunakan maskapai Turkish Airlines pada Rabu (13/1/2021) waktu setempat.

Setibanya di Indonesia nanti, para pemain dan anggota Timnas U-19 harus menjalani karantina mandiri selama lima hari, sesuai kebijakan yang diterapkan pemerintah mengenai kedatangan WNI dari luar negeri.

"Alhamdulillah hasil swab test PCR yang kami lakukan kemarin di sini (Spanyol) semuanya hasilnya negatif. Jadi kami semuanya dapat kembali ke Indonesia hari ini," kata Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, dilansir situs resmi PSSI.

1. Beberapa pemain yang bermain di luar negeri kembali ke negara masing-masing

Timnas U-19 Pulang dari Barcelona, Langsung Karantina MandiriTimnas U-19 di Spanyol. (Website/pssi.org)

Untuk beberapa penggawa Timnas U-19 yang mentas di luar negeri, seperti Kelana Mahessa dan Khairul Imam Zakiri, mereka kembali ke negara mereka masing-masing. Mahessa kembali ke Jerman selepas Timnas U-19 pulang ke Indonesia.

Sedangkan untuk Imam Zakiri, ia tetap bertahan di Spanyol karena memang main di sana. Ia akan kembali bergabung dengan klubnya, Gymnastica Cueta, yang sekarang sudah berubah nama menjadi CD Polillas.

Baca Juga: Piala AFC Terancam Ditunda, Timnas U-16 dan Timnas U-19 Tanpa Agenda

2. Timnas U-19 memutuskan pulang lebih cepat dari Spanyol

Timnas U-19 Pulang dari Barcelona, Langsung Karantina MandiriTimnas U-19 di Spanyol. (Website/pssi.org)

Pandemik COVID-19 membuat Spanyol menerapkan protokol ketat sehingga segala aktivitas sangat dibatasi. Alhasil, program skuat Timnas U-19 yang direncanakan dalam pemusatan latihan di sana berjalan berantakan.

Atas dasar itu, skuat Tinnas U-19akhirnya memilih kembali ke Indonesia pada Rabu, 13 Januari 2021.

Sejatinya TC bakal berakhir pada 31 Januari mendatang, namun PSSI memilih mengakhirnya lebih cepat dari rencana semula. Selama menjalani TC di Spanyol, Timnas U-19 sulit menggelar uji tanding, atau bahkan sekadar gim internal.

3. PSSI tetap berkomitmen kepada Timnas U-19

Timnas U-19 Pulang dari Barcelona, Langsung Karantina MandiriTimnas U-19 di Spanyol. (Website/pssi.org)

Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi menyebut tujuan PSSI mengirim Timnas U-19 ke Spanyol untuk menjaga mental pemain. Hanya saja, kondisi di sana tak memungkinkan Bagas Kaffa dan kolega menggelar pertandingan uji coba.

"Semua uji coba tidak bisa dilaksanakan karena tidak mendapat izin dari pemerintah setempat. Spanyol pandemik COVID-19-nya masih tinggi. Kami menghormati keputusan pemerintah setempat dan tidak bisa memaksakan berlama-lama di Spanyol," ujar Yunus.

Namun demikian, Yunus menegaskan PSSI tetap berkomitmen terhadap Timnas U-19. Meskipun Piala Dunia U-20 diundur ke tahun 2023, pemain-pemain bakal diproyeksikan untuk naik kelas, yakni menjadi anggota Timnas U-23 atau Timnas senior nantinya.

Baca Juga: TC Timnas Indonesia dan Timnas U-19 Dimulai 1 Agustus 2020

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya