Timnas U-19 Tersingkir di Piala AFF, Shin Tae Yong Kritisi Aturan Ini

Timnas U-19 paling produktif di Piala AFF

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas U-19 Indonesia, Shin Tae Yong, melayangkan kritik kepada federasi sepak bola Asia Tenggara terkait aturan head to head, berbasis klasemen kecil, yang diterapkan di Piala AFF U-19 2022. Dia menyebut, aneh rasanya aturan itu masih diterapkan.

"Memang head to head seperti situasi sekarang ini (klasemen kecil) sudah hilang dari regulasi FIFA atau AFC, tetapi sedikit aneh memang masih ada di AFF regulasi ini, dan sebenarnya kita tidak lolos ini tidak masuk akal," ujar Shin dalam sesi jumpa pers jelang laga.

1. Shin kecewa dengan Vietnam dan Thailand yang diduga main mata

Timnas U-19 Tersingkir di Piala AFF, Shin Tae Yong Kritisi Aturan IniPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (IDN Times/Tata Firza).

Lebih lanjut, Shin juga kecewa dengan Vietnam dan Thailand, yang diduga main mata di laga pamungkas grup Piala AFF U-19 2022. Dia berpandangan, seharusnya kedua tim menerapkan asas fairplay.

"Memang harusnya dari lawan kami juga lakukan laga yang fairplay, tetapi nyatanya tidak seperti itu. Thailand dan Vietnam ini seperti takut dengan Timnas U-19 Indonesia. Oleh karena itu saya sedikit tersinggung dan tak senang dengan situasi ini," kata pelatih asal Korea Selatan itu.

2. PSSI dorong AFF lakukan investigasi

Timnas U-19 Tersingkir di Piala AFF, Shin Tae Yong Kritisi Aturan IniShin Tae Yong dalam sesi jumpa pers Timnas U-19. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Manajer Timnas U-19, Endri Erawan, cukup vokal atas situasi yang menimpa Timnas U-19 ini. Menurutnya, AFF harus melakukan investigasi atas laga Vietnam lawan Thailand tersebut. Jika ditemukan potensi kecurangan, diskualifikasi harus diterapkan.

"Saya berharap investigasi dari AFF untuk laga tersebut. Kalau menurut AFF itu fair, silakan lanjut, kalau tidak fair, perlu dipertimbangkan untuk didiskualifikasi kedua tim tersebut (Vietnam dan Thailand)," ujar Endri.

3. Timnas U-19 gagal ke semifinal Piala AFF U-19 2022

Timnas U-19 Tersingkir di Piala AFF, Shin Tae Yong Kritisi Aturan IniTimnas U-19 lawan Vietnam. (IDN Times/Tata FIrza)

Timnas U-19 sejatinya mendapatkan hasil apik lawan Myanmar. Bersua di Stadion Patriot Candrabhaga, Minggu (10/7/2022), Garuda Nusantara sukses meraih kemenangan dengan skor 5-1.

Hanya saja, mereka tetap tak mampu masuk dua besar babak grup. Dalam laga lain, Vietnam dan Thailand bermain imbang 1-1.

Akibat hasil itu, Timnas U-19 dinyatakan kalah produktivitas gol oleh Thailand dan Vietnam dalam klasemen kecil antara ketiga tim di Piala AFF U-19 2022. PSSI pun mencurigai adanya tindak kecurangan di laga itu. 

Baca Juga: Menang Telak, Indonesia Tetap Gagal ke Semifinal Piala AFF U-19 2022

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya