Timnas U-23 Atasi Myanmar Berkat Pressing yang Apik

Timnas U-23 bikin Myanmar tidak berkembang

Jakarta, IDN Times - Timnas U-23 Indonesia menutup perjalanan mereka dengan apik di fase grup SEA Games 2021. Bersua Myanmar di laga terakhir Grup A, Minggu (15/5/2022) sore, Egy Maulana Vikri dan kolega menang dengan skor 3-1.

Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Marselino Ferdinan jadi pencetak gol skuad Garuda Muda di laga ini. Pelatih Timnas U-23, Shin Tae Yong, menyebut kunci kemenangan timnya di laga ini ada pada pressing yang apik.

"Taktik pressing yang saya terapkan berjalan dengan baik, sehingga kami mendapatkan kemenangan. Strategi yang saya terapkan itu tergantung lawan yang dihadapi," kata Shin, dilansir situs resmi federasi.

1. Pressing diterapkan berkaca dari gaya main Myanmar

Timnas U-23 Atasi Myanmar Berkat Pressing yang ApikTimnas U-23 di SEA Games 2021. (Dok. PSSI)

Shin sebelumnya berujar, Myanmar memiliki organisasi permainan yang baik. Tidak cuma itu, para pemain Myanmar juga nyatanya punya kecepatan yang tidak boleh dianggap remeh. Alhasil, dia mempersiapkan taktik pressing ini.

Dengan menerapkan pressing, para pemain Myanmar akan kesulitan mengembangkan permainan. Myanmar ditekan sejak menguasai bola di area tengah lapangan, terutama di awal-awal babak pertama. Sontak, aliran bola mereka ke depan acap terpotong.

"Memang taktik lawan Filipina dan Myanmar berbeda. Myanmar memang oke dalam organisasi permainan, jadi saya menerapkan taktik pressing yang baik," kata Shin.

Baca Juga: Bangga, Atlet Lempar Lembing Asal Binjai Raih Medali Perak SEA Games

2. Shin puji para pemain Timnas U-23

Timnas U-23 Atasi Myanmar Berkat Pressing yang ApikTimnas U-23 di SEA Games 2021. (Dok. PSSI)

Lebih lanjut, Shin juga memuji anak-anak asuhnya selepas meraih kemenangan lawan Myanmar. Menurutnya, para pemain menjalankan instruksinya dengan baik. Mereka tidak bermain untuk hasil imbang, melainkan agar meraih kemenangan.

"Saya tegaskan kepada para pemain, laga macam ini akan sulit bagi kami. Jadi saya minta para pemain untuk lebih bekerja keras. Para pemain pun mengikuti instruksi dengan baik dan layak mendapat pujian," ujar pelatih asal Korea Selatan tersebut.

3. Indonesia lolos ke semifinal SEA Games 2021

Timnas U-23 Atasi Myanmar Berkat Pressing yang ApikTimnas U-23 di SEA Games 2021. (Dok. PSSI)

Kemenangan ini pun mengantarkan Timnas U-23 ke babak semifinal dengan status runner-up, di bawah tuan rumah Vietnam. Di laga terakhir, Vietnam mengunci posisi sebagai juara grup selepas menundukkan Timor Leste dengan skor 2-0.

Kini, Timnas U-23 tinggal menanti lawan di babak semifinal nanti. Mereka dipastikan akan bersua juara Grup B SEA Games 2021, yang posisinya kini masih diperebutkan Malaysia dan Thailand. Kamboja juga masih berpeluang lolos.

Baca Juga: Raih Emas di SEA Games 2021, Penantian Tiara Andini Tuntas

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya