Tomas Soucek, Big Man Anyar Andalan West Ham United

Tomas Soucek dianggap sebagai The New Fellaini

Jakarta, IDN Times - Ketika melatih Everton, David Moyes memiliki sebuah skema yang unik. Ia senang menempatkan Marouane Fellaini, yang notabene sebagai gelandang bertahan, di lini serang. Kenapa ia melakukan hal tersebut?

Bukan tanpa sebab Moyes memasang Fellaini di posisi tersebut. Pemain asal Belgia itu punya postur tubuh yang tinggi menjulang, menjadi tembok bagi Everton. Ia ditugaskan untuk memenangi duel-duel udara, entah itu dalam situasi bola mati ataupun dalam situasi open play.

Dengan memenangi duel udara, maka banyak kemungkinan yang didapat oleh Everton, baik itu saat menyerang atau bertahan. Selama membela Everton, Fellaini mampu menunaikan tugas itu dengan baik. Ia memenangi 895 duel udara lebih, menjadi pemain terbaik ke-7 dalam hal duel udara sepanjang masa Liga Inggris.

Alhasil, ketika Moyes pindah ke Manchester United, ia pun memboyong Fellaini. Namun, saat di Real Sociedad dan Sunderland, ia tidak menemukan lagi sosok big man semacam Fellaini. Taktiknya di dua tim itu pun tidak jalan karena ketiadaan big man tersebut.

Sekarang, saat Moyes menangani West Ham, ia menemukan lagi pemain yang cocok ditugaskan di posisi tersebut. Ia adalah Tomas Soucek, pemain asal Republik Ceko.

Lalu, seperti apa peran yang dijalani oleh Soucek di tim West Ham asuhan Moyes ini?

1. Soucek berposisi sama seperti Fellaini

Tomas Soucek, Big Man Anyar Andalan West Ham UnitedTomas Soucek. (Twitter.com/tomassoucek28)

Sebelum membela West Ham, Soucek merupakan pemain andalan Slavia Praha. Baru pada musim 2020/21 ini, sosok kelahiran Havlickuv Brod tersebut merapat ke London Stadium. Menariknya, Soucek ternyata memiliki posisi yang sama dengan Fellaini, yaitu gelandang bertahan.

Tidak cuma itu, Soucek juga memiliki tinggi badan yang menjulang, kurang lebih 1,92 meter. Postur Soucek ini tak beda jauh dengan Fellaini, yakni 1,94 meter. Melihat kesamaan ini, Jose Mourinho pun sempat berseloroh jika Soucek merupakan The New Fellaini buat Moyes.

"Saya katakan kepada para pemain saya, waspada terhadap situasi bola mati. West Ham sangat kuat akan hal itu. David (Moyes) telah menemukan (Tomas) Soucek sebagai The New Fellaini,” kata Mourinho selepas laga Tottenham Hotspur lawan West Ham di pekan kelima Premier League 2020/21.

Baca Juga: Punya 2 Winger Yahud, West Ham Bakal Jadi Kuda Hitam Musim Ini? 

2. Seperti apa peran Soucek di West Ham?

Tomas Soucek, Big Man Anyar Andalan West Ham UnitedTomas Soucek. (Twitter.com/tomassoucek28)

Soucek boleh saja berposisi sebagai gelandang bertahan. Namun, dalam praktiknya, dia kerap juga menerobos ke area sepertiga akhir lawan, terutama dalam situasi bola mati dan umpan lambung.

Memang, area gerak Soucek banyak berpusat di tengah. Ia menetralisir serangan lawan bersama Declan Rice. Namun, tak jarang, ketika tim terlibat dalam situasi duel udara, ia kerap membantu. Ia jadi jaminan West Ham dalam memenangi duel udara, layaknya Fellaini.

Saat laga melawan Brighton and Hove Albion, Soucek jadi pemain dengan catatan menang duel udara terbanyak, yakni delapan kali. Bukan cuma itu, Soucek juga jadi pemain dengan rataan menang duel udara terbanyak di West Ham sampai saat ini, yakni 5,8 kali.

Kehadirannya membuat khazanah permainan West Ham bertambah, terutama soal duel udara. Memenangi duel udara sekarang ini, bisa dikatakan jadi salah satu syarat agar sebuah tim dapat menguasai bola lebih lama. Nah, Soucek jadi andalan West Ham dalam melakukan itu.

3. Soucek sosok yang produktif

Tomas Soucek, Big Man Anyar Andalan West Ham UnitedTomas Soucek. (Twitter.com/tomassoucek28)

Berkat kemampuannya dalam melakukan duel udara ini, Soucek jadi sosok yang produktif di West Ham. Tercatat, ia mampu menorehkan empat gol buat The Hammers di ajang Premier League, tiga di antaranya berasal dari sundulan.

Menilik kemampuannya ini, tak salah jika Tomas Soucek dinobatkan sebagai big man baru buat David Moyes di skuat West Ham. Kehadirannnya membuat bola-bola lambung jadi sebuah hal yang membahayakan untuk lawan-lawan West Ham.

Baca Juga: Moyes: Rooney Ingin Pergi Ketika Saya Gabung Manchester United

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya