Tottenham Hotspur vs Manchester City: Duel Mourinho dan Guardiola

Mourinho agak sulit mengalahkan Guardiola

Jakarta, IDN Times - Ada satu laga menarik yang patut dinantikan di pekan 9 Premier League 2020/2021 ini. Laga itu adalah Tottenham Hotspur vs Manchester City yang digelar pada Minggu (22/11/2020) dini hari WIB.

Paling menjadi sorotan di laga ini adalah Jose Mourinho yang akan bertemu lagi dengan Pep Guardiola.

Sejatinya, jika melihat posisi kedua tim di klasemen, Tottenham lebih unggul. Mereka bertengger di peringkat dua klasemen sementara dengan raihan 17 poin, jauh meninggalkan City yang berada di posisi 10.

Namun, pertemuan kedua tim tetap layak disaksikan. Apalagi, laga ini juga jadi ajang bertemunya Guardiola dengan salah satu rivalnya yang merepotkan di Eropa, Mourinho.

1. Guardiola unggul jauh atas Mourinho

Tottenham Hotspur vs Manchester City: Duel Mourinho dan GuardiolaTwitter/@ManCity

Melihat catatan pertemuan keduanya, Guardiola lebih unggul. Dari 23 pertemuan, Pelatih asal Spanyol itu mendominasi Mourinho dengan total 11 kali kemenangan, 6 kali imbang, dan 6 kali kalah.

Kebanyakan, Guardiola sanggup menggungguli Mourinho saat keduanya masih sama-sama berkarier di Spanyol. Guardiola bersama Barcelona, sementara Mourinho menangani Real Madrid.

Guardiola kala itu mampu menumbangkan Mourinho beberapa kali, termasuk kekalahan telak 0-5 saat Real Madrid dan Barcelona bersua di Camp Nou, dalam ajang LaLiga 2010/11.

Baca Juga: Mourinho Bandingkan Gareth Bale dengan Messi dan Ronaldo

2. Mourinho mampu kalahkan Guardiola dalam laga genting

Tottenham Hotspur vs Manchester City: Duel Mourinho dan GuardiolaTwitter/@ManUtd

Meski punya catatan buruk saat jumpa Guardiola, nyatanya Mourinho mampu mengalahkan sosok asal Spanyol itu dalam beberapa laga penting. Salah satunya adalah saat semifinal Liga Champions 2009/10.

Ketika itu, Mourinho yang menangani Inter Milan mampu menghentikan dominasi Guardiola lewat sebuah peragaan skema bertahan dan serangan balik yang bagus. Alhasil, Inter menang 3-1 atas Barcelona kala itu.

Lalu, saat menangani Manchester United, Mourinho pernah membuat City harus menunda pesta juara di Etihad. Itu terjadi pada musim 2017/18 silam. Kala itu, City bersua United di Etihad. Jika menang, City akan keluar sebagai kampiun Premier League.

Semua berjalan lancar buat City sampai babak pertama usai. Mereka unggul 2-0. Memasuki babak kedua, United menggebrak. Mereka membalikkan keadaan menjadi 3-2, sekaligus membuat City gagal berpesta di Etihad.

3. Mourinho kini lebih berpengalaman

Tottenham Hotspur vs Manchester City: Duel Mourinho dan Guardiolapremierleague.com

Tak bisa dipungkiri, sosok Mourinho sekarang sudah lebih berpengalaman. Ia sudah menangani banyak klub-klub besar di Eropa, seperti Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, dan Manchester United.

Pengalaman inilah yang pada akhirnya membuat Mourinho menyematkan julukan terbaru untuk dirinya sendiri: The Experienced One. Dengan banyaknya pengalaman yang sudah ia dapat, ia sekarang jauh lebih tenang.

"The Exprienced One, saya sangat berpengalaman. Pada dasarnya, semua yang saya alami di sepak bola adalah deja vu, pernah terjadi sebelumnya," ujar Mourinho dilansir ESPN FC.

"Dalam melatih, kamu hanya membutuhkan otakmu, lalu akumulasi dari pengalaman dan pengetahuan yang sudah kamu dapat. Hal-hal itulah yang akan membuatmu lebih baik," tambah Jose Mourinho.

Baca Juga: 5 Debutan Termuda Manchester City di Era Pep Guardiola, Ada yang Baru!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya