Trofi Piala AFF 2022 Mampir ke Indonesia pada 26 November

Trofi Piala AFF 2022 akan diarak keliling Asia Tenggara

Jakarta, IDN Times - Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) mengadakan berbagai acara untuk menyambut kemeriahan gelaran Piala AFF 2022. Salah satunya menggelar tur trofi turnamen sepak bola paling bergengsi se-Asia Tenggara itu.

Rencananya, ada beberapa negara yang akan jadi persinggahan tur trofi Piala AFF 2022 ini. Mereka adalah Thailand, Singapura, Malaysia, Indonesia, dan terakhir ditutup di Vietnam. Mulai kapan tur trofi ini dihelat?

1. Trofi akan hadir di Jakarta pada 26 November

Trofi Piala AFF 2022 Mampir ke Indonesia pada 26 Novemberfacebook.com/affsuzukicup

Menilik jadwal dari pernyataan resmi AFF, tur trofi ini akan dimulai dari Bangkok, Thailand, pada 24 September 2022. Acara tur trofi ini bakal dihiasi oleh kehadiran beberapa legenda sepak bola Thailand, plus berbagai acara hiburan lainnya.

Setelah itu, tur akan berlanjut ke Singapura pada 15 Oktober, kemudian lanjut ke Malaysia pada 22 Oktober, berlanjut ke Jakarta pada 26 November, dan nantinya akan diakhiri di Vietnam pada 3 Desember.

"Kami ingin membangkitkan lagi gairah fans yang memang kerap meramaikan acara tur trofi ini. Kami juga ingin memberikan kesempatan kepada fans untuk melihat langsung trofi ini dari dekat," ujar Presiden AFF, Khiev Sameth.

Baca Juga: 3 Pemain Naturalisasi Perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF?

2. Akan mengadakan juga football clinic

Trofi Piala AFF 2022 Mampir ke Indonesia pada 26 NovemberTimnas Indonesia vs Singapura. (Dok. Media PSSI)

Selain tur trofi, AFF juga berencana akan mengadakan football clinic ke setiap negara yang dikunjungi trofi. Nantinya, football clinic ini akan melibatkan legenda lokal setempat, dan difokuskan untuk anak-anak yang tidak mampu.

"Setelah kebangkitan dari pandemik COVID-19, kami ingin menjadikan ajang Piala AFF 2022 ini sebagai momen untuk membawa kembali sepak bola bagi anak-anak yang tidak mampu. Kami ingin memberi inspirasi bagi mereka," ujar Sameth.

3. Gelaran Piala AFF ke-14

Trofi Piala AFF 2022 Mampir ke Indonesia pada 26 NovemberTimnas Malaysia. (affsuzukicup.com)

Piala AFF 2022 ini akan jadi gelaran Piala AFF ke-14 sepanjang sejarah. Ajang ini pertama kali digelar pada 1996, yang ketika itu masih bernama Tiger Cup. Turnamen ini mempertemukan negara-negara di Asia Tenggara.

Piala AFF 2022 sendiri akan dihelat pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Format penyelenggaraannya tidak akan jauh berbeda dengan 2018 silam, dan Timnas Indonesia tentu akan ambil bagian di ajang ini.

Baca Juga: Ketum PSSI Kobarkan Semangat Balas Dendam di Piala AFF 2022

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya