Comscore Tracker

Uji Coba Penonton Digelar di Semua Laga 8 Besar Liga 2

Jika di Liga 2 sukses, uji coba akan berlanjut ke Liga 1

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita mengatakan uji coba kehadiran penonton di stadion akan dihelat di seluruh laga delapan besar Liga 2 2021/22, baik itu di Pakansari maupun Wibawa Mukti. Hal tersebut sudah disetujui Kemenpora, Polri dan Kemenkes dalam rapat koordinasi (rakor) di Gedung Kemenpora, Jakarta, Rabu (8/12/2021).

"(Uji coba kehadiran penonton itu di laga) Persiba lawan Sriwijaya FC, nanti RANS Cilegon FC lawan Persis Solo. Itu dua-duanya akan digelar di Pakansari, tetapi kami akan coba di semua laga sih sebetulnya. Evaluasinya akan dilakukan nanti," ujar Lukita di Gedung Kemenpora.

1. Penonton yang hadir dalam bentuk undangan

Uji Coba Penonton Digelar di Semua Laga 8 Besar Liga 2Twitter/@infokomjakmania

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengungkapkan penonton yang hadir dalam uji coba ini sifatnya undangan dan jumlahnya terbatas. Total, setiap klub hanya diberikan jatah 100 orang saja.

"Yang kita lakukan hari ini adalah koordinasi lintas sektoral. Ada PSSI, PT LIB, Kepolisian, BNPB, dan Kemenkes. Setelah ini tentu kita koordinasikan dengan penanggung jawab PPKM wilayah Jawa dan Bali karena ini kan dilakukan di pulau Jawa," ujar Zainudin.

Baca Juga: Babak 8 Besar Liga 2 2021/22 Dihelat 15-23 Desember, Ini Jadwalnya

2. LIB berkoordinasi dengan Polri soal keamanan di luar stadion

Uji Coba Penonton Digelar di Semua Laga 8 Besar Liga 2(Ki-ka) Dirut PT LIB Akhmad Hadian, Sekda Sleman Hardo Kiswoyo, dan Direktur Operasional PT LIB Sudjarno. IDN Times/Tunggul Damarjati

Lebih lanjut, Akhmad menjabarkan LIB akan berkoordinasi dengan Polri, terutama terkait teknis keamanan di luar stadion. Tidak cuma itu, mereka juga akan berkoordinasi dengan Polres tempat pertandingan digelar, dalam hal ini Polres Bogor (Pakansari) dan Polres Metro Kabupaten Bekasi (Wibawa Mukti).

"Kita akan lihat tingkat pengamanannya seperti apa, sekatnya di mana, jadi itu yang akan kami diskusikan karena ini menjadi akses masuk yang harus terinformasi kepada penonton. Jadi kalau bukan penonton ya akan langsung dikeluarkan dari jalurnya." ujar Lukita.

3. Jika uji coba di Liga 2 sukses, akan lanjut ke Liga 1

Uji Coba Penonton Digelar di Semua Laga 8 Besar Liga 2Pemain PSM Makassar Ferdinand Sinaga (kanan) berusahaepas dari kawalan pemain Persebaya Surabaya Otavio Dutra (kiri) saat menyambut bola dalam laga pekan ke-13 Liga 1 2018 di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, 9 Juni 2018. (Liga-Indonesia.id)

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut jika uji coba kehadiran penonton di 8 besar Liga 2 ini sukses, kelak akan terbuka peluang uji coba kehadiran penonton di seri empat dan lima Liga 1 2021/22. Namun, kapasitasnya tidak akan mencapai 25 persen di stadion, meski sudah diizinkan pemerintah.

"Jika ini sukses (uji coba penonton di stadion di Liga 2) akan kita lanjutkan di Seri 4 dan 5 Liga 1 di Bali. Tetapi, untuk sementara mungkin belum sampai 25 persen. Kita akan melihat bagaimana penerapan dengan penonton di dalam stadion saat situasi pandemik COVID-19 ini," tutur Iriawan.

Baca Juga: Menpora Akan Temui PSSI, Bahas Penonton di Liga 1 dan Liga 2

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya