Comscore Tracker

Uji Coba Timnas U-22 Vs Argentina Belum Jelas, Dampak COVID-19

Sejumlah agenda Timnas U-22 banyak yang menggantung

Jakarta, IDN Times - Sejumlah agenda yang telah disusun untuk menyiapkan Timnas Indonesia U-22 menghadapi SEA Games 2021, Vietnam, menggantung. Setidaknya, ada dua agenda besar yang nasibnya belum jelas hingga sekarang.

Rencana pemusatan latihan di luar negeri, serta dua uji coba melawan negara lain, sampai sekarang belum menemui kepastian. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengakui pihaknya harus menjadwal ulang dua agenda besar tersebut.

Baca Juga: Bali United dan Persikabo Kompak Mau Repotkan Timnas U-22

1. Rencana TC Timnas U-22 ke luar negeri belum pasti

Uji Coba Timnas U-22 Vs Argentina Belum Jelas, Dampak COVID-19TC Timnas U-23. (Website/pssi.org)

Sempat ada rencana, Timnas U-22 mau menggelar pemusatan latihan (TC) di luar negeri, Dubai atau Arab Saudi. Namun, Iwan Bule (sapaan akrab Iriawan) mengungkapkan, rencana TC ke luar negeri ini masih belum bisa dipastikan.

"Kami terus berdiskusi (soal TC ke luar negeri), karena pandemik COVID-19 belum membaik, masih berubah-ubah. Kami akan lihat lagi mengembangkan rencana TC," ujar Iwan, Selasa (2/3/2021).

Lebih jauh, Iwan meminta agar para pemain untuk fokus menjalani TC di Indonesia. Selain karena tengah menjalani proses vaksinasi dari pemerintah, dia merasa pengawasan terhadap pemain lebih mudah dilakukan.

"Saya ingin mereka tetap di sini saja. Sehingga, saya bisa mengawasi mereka khususnya soal protokol kesehatan. Saya masih khawatir dalam perjalanan, di sana, dan sebagainya. Kalau di sini mereka sudah terpantau, ada dokternya, kemudian tempat istirahat, dan lain sebagainya," ungkap Iwan.

2. Rencana uji coba Timnas U-22 yang harus tertunda

Uji Coba Timnas U-22 Vs Argentina Belum Jelas, Dampak COVID-19TC Timnas U-23. (Website/pssi.org)

Selain belum pastinya rencana TC di luar negeri, uji coba besar Timnas U-22 masih belum jelas. Ya, memang Garuda Muda diagendakan untuk menghadapi dua tim luar negeri, Timnas U-23 Pantai Gading dan Argentina.

Sebelumnya, Iwan menyebut sempat ada pembicaraan antara PSSI dengan pihak Argentina dan Pantai Gading soal uji coba ini. Namun, gara-gara pandemik COVID-19, uji coba tersebut harus tertunda.

"Kemarin sudah ada pembicaraan, tapi Argentina sementara masih menundanya, karena situasi di sana yang belum memungkinkan untuk ke luar negeri," ujar Iwan.

"Kami harapkan mereka bisa bertemu tim kuat. Sehingga mereka bisa menghadapi lawan-lawan kuat di turnamen nanti, seperti adik-adik di Timnas U-19. Tunggu saja perkembangannya, saya maunya main di Indonesia," lanjutnya.

3. Timnas U-22 ditargetkan meraih medali emas di SEA Games

Uji Coba Timnas U-22 Vs Argentina Belum Jelas, Dampak COVID-19TC Timnas U-23. (Website/pssi.org)

Timnas U-22 saat ini tengah dalam rangkaian persiapan jelang SEA Games 2021. Rencananya, pesta olahraga se-Asia Tenggara itu akan digelar di Vietnam, November hingga Desember 2021.

Pada SEA Games 2019, Timnas U-22 harus puas meraih medali perak setelah dipermak Vietnam, 0-3, di partai final. PSSI menargetkan emas di gelaran SEA Games 2021 ini.

Baca Juga: Tak Dapat Jatah Vaksin, Pelatih Timnas U-22 Shin Tae-yong Tetap Santai

Topic:

  • Sandy Firdaus
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya