Upaya Keras Ketum PSSI Hadirkan Fans di Piala AFF 2022

Upaya ini membuahkan hasil pada akhirnya

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menceritakan upayanya dalam menghadirkan fans dalam laga kandang Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022. Dia menyebut, rutin berkomunikasi dengan pihak kepolisian.

"Saya selaku Ketua Umum PSSI telah melayangkan surat permohonan izin kepada pihak Polri untuk laga kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 agar bisa dihadiri penonton," ujar Iriawan di Jakarta, Minggu (18/12/2022).

1. Iriawan berkoordinasi rutin dengan jajaran kepolisian

Upaya Keras Ketum PSSI Hadirkan Fans di Piala AFF 2022Ketum PSSI tersenyum lebar di Manahan. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Iriawan juga berujar, selain melayangkan surat permohonan izin ke Polri, dia juga rutin berkoordinasi dengan pihak kepolisian mulai dari Polsek, Polres, Polda, hingga Mabes. Dia ingin agar Gelora Bung Karno (GBK) nanti dipadati fans.

"Jadi, koordinasi terus saya lakukan, dan kami memohon sekitar 30 ribu penonton bisa memadati SUGBK saat Indonesia menghadapi Kamboja dan 50 ribu penonton ketika menjamu Thailand," ujar Iriawan.

Baca Juga: Suporter Bisa Tonton Laga Kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

2. Pemain ingin fans hadir menyaksikan langsung di stadion

Upaya Keras Ketum PSSI Hadirkan Fans di Piala AFF 2022Flare di laga Indonesia vs Bangladesh. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Lebih lanjut, Iriawan juga mengatakan jika para pemain mengharapkan hadirnya para penonton di stadion. Kehadiran penonton ini bisa menjadi tambahan penyemangat bagi para pemain di atas lapangan.

"Hadirnya penonton sangat diperlukan anak-anak untuk memberikan semangat. Hal itu juga yang dipesankan para pemain Timnas kepada saya, karena menurut mereka atmosfirnya berbeda ketika ada dan tidak ada suporternya," terang Iriawan.

3. Polri sudah keluarkan izin

Upaya Keras Ketum PSSI Hadirkan Fans di Piala AFF 2022Pemain Timnas Indonesia melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Kuwait dalam laga Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Kamis (9/6/2022). (Dok. PSSI)

Upaya Iriawan dan PSSI ini pada akhirnya membuahkan hasil. Laga-laga kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 dipastikan bisa dihadiri penonton.

Kepastian itu tertuang dalam surat izin kepolisian bernomor SI/430/XII/YAN.2.1./2022/BAINTELKAM tanggal 18 Desember 2022. Tidak hanya di Piala AFF 2022, fans juga bisa menyaksikan laga-laga uji coba Timnas U-20 yang akan bersiap tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya