Vietnam dan Thailand, Gunung yang Harus Didaki Timnas U-22

Timnas U-22 bakal bersua Vietnam

Jakarta, IDN Times - Bagi Indonesia, ada dua negara yang harus mereka daki dalam percaturan sepak bola Asia Tenggara. Mereka adalah Vietnam dan Thailand. Ini juga yang tengah dialami Timnas U-22 di SEA Games 2023.

Di babak semifinal SEA Games 2023 nanti, Timnas U-22 bakal bersua Vietnam. Pelatih Timnas U-22, Indra Sjafri, menyebut bahwa bagaimanapun, Vietnam dan Thailand pada akhirnya tak bisa mereka hindari.

"Termasuk kemarin ada drawing satu grup dengan Vietnam, ya tidak bisa menghindar karena memang kita bagian dari Asia Tenggara dan Asia. Kalau tidak mau ketemu, ya pergi ke planet lain saja," ujar Indra dalam sesi jumpa pers sebelum lawan Vietnam.

1. Indra berpengalaman lawan Vietnam

Vietnam dan Thailand, Gunung yang Harus Didaki Timnas U-22Jumpa pers jelang Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam U-22 di semifinal SEA Games 2023, Jumat (12/5/2023). (Dok. PSSI).

Indra mengaku, dia sejatinya memiliki pengalaman lawan Vietnam dalam beberapa kesempatan. Salah satunya terjadi pada final SEA Games 2019. Ketika itu, dia kalah dari Vietnam yang masih ditangani Park Hang Seo.

"Bukan saya tak pernah menang lawan Vietnam, waktu AFF U-22 di sini juga kita juga pernah berhadapan dengan Vietnam. Thailand juga pernah kami kalahkan di Manila. Ini adalah pertemuan kesekian saya dengan Vietnam," ujar Indra.

Baca Juga: Timnas U-22 vs Vietnam, Indra Sjafri Pede Bisa Menang

2. Respons tim akan menjadi kunci

Vietnam dan Thailand, Gunung yang Harus Didaki Timnas U-22Timnas U-22 lawan Kamboja di SEA Games 2023. (Dok. PSSI)

Indra berkata, salah satu kunci kemenangan Timnas U-22 di laga semifinal nanti adalah respons tim. Bagaimana tim mempersiapkan respons dari momentum yang ada, bisa menentukan siapa yang menang dan kalah.

"Di sepak bola, semua nantinya tentang momentum, tergantung bagaimana kita merespons menyiapkan tim sebaik mungkin. Semoga di pertandingan nanti kita bisa meraih kemenangan," kata Indra.

3. Vietnam merupakan salah satu kandidat juara

Vietnam dan Thailand, Gunung yang Harus Didaki Timnas U-22Vietnam U-22 di SEA Games 2023. (VFF.org).

Di ajang SEA Games 2023 ini, Vietnam jadi salah satu kandidat juara, bersama Thailand dan Indonesia. Sepanjang babak grup, mereka tampil apik dan sama seperti Indonesia, mereka tak tersentuh kekalahan.

Dengan catatan seperti ini, Timnas U-22 kudu mewaspadai Vietnam di semifinal SEA Games 2023 nanti. Apalagi, dari segi permainan mereka juga efektif dan mampu menguasai bola dengan baik.

Baca Juga: Timnas U-22 Ditunggu Vietnam di Semifinal SEA Games 2023

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya