Villarreal Rayakan Ulang Tahun ke-100, Ada Pesta Meriah

Villarreal sudah jadi salah satu klub yang diperhitungkan

Jakarta, IDN Times - Pada 10 Maret 2023 lalu, Villarreal baru saja menggelar pesta meriah. Dihadiri kurang lebih 20 ribu fans, klub berjuluk 'Kapal Selam Kuning' itu merayakan hari ulang tahunnya yang ke-100.

Perayaan ini berlangsung di Estadio de La Ceramica, yang merupakan markas dari tim. Total, ada 600 pengisi acara yang turut meramaikan perayaan ultah ke-100 klub ini, baik itu band lokal maupun artis individu.

1. Menonjolkan aspek sosial budaya klub

Villarreal Rayakan Ulang Tahun ke-100, Ada Pesta MeriahPerayaan ulang tahun ke-100 Villarreal. (Dok. LaLiga)

Selain berlangsung meriah, perayaan ulang tahun ke-100 Villarreal ini juga menonjolkan aspek sosial budaya dari klub. Acara ulang tahun ini juga dihiasi tontonan mengenai sejarah klub, termasuk konteks sosial di tahun 1920-an saat klub berdiri.

Tak lupa, biografi dari pendiri Villarreal, Jose Calduch, turut ditampilkan. Dia adalah seorang apoteker yang memiliki visi ciamik dan peduli pada olahraga. Dia mendirikan Villarreal untuk menyatukan anak-anak muda di kota kala itu.

Baca Juga: 9 Fakta Estadio de la Ceramica, Markas Villareal

2. Diceritakan pula kebangkitan Villarreal

Villarreal Rayakan Ulang Tahun ke-100, Ada Pesta MeriahVillarreal lawan Bayern Muenchen. (ANTARA FOTO/REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Dalam acara ulang tahun ini juga, diceritakan mengenai kebangkitan Villarreal bersama Pascual Font de Mora. Dia merupakan sosok yang membuat Villarreal menjadi klub profesional kala itu.

Alhasil, Villarreal mulai menggeliat dan mampu menjuarai Tercera Division pada musim 1969/70. Selepas itu, Villarreal pun terus coba untuk merangkak naik, hingga akhirnya debut di LaLiga pada 1998.

3. Villarreal jadi salah satu klub berprestasi

Villarreal Rayakan Ulang Tahun ke-100, Ada Pesta MeriahPemain Villarreal Manu Trigueros (kiri) melakukan selebrasi bersama rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Arsenal pada pertandingan Semifinal Leg Pertama Liga Eropa di Stadion de la Ceramica, Villarreal, Spanyol, Kamis (29/4/2021) waktu setempat. Villarreal menang atas Arsenal dengan skor akhir 2-1. ANTARA FOTO/REUTERS/Pablo Morano

Kini, Villarreal jadi salah satu klub berprestasi di Spanyol. Mereka sempat menjuarai UEFA Intertoto Cup sebanyak dua kali pada 2003 dan 2004. Mereka juga pernah menembus babak semifinal Liga Champions pada musim 2005/06 dan 2021/22.

Villarreal juga menjuarai gelaran Liga Europa 2020/21 usai menumbangkan Manchester United di final. Kini, mereka jadi salah satu klub yang diperhitungkan di Spanyol, bersama Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, Sevilla, Athletic Bilbao, dan Valencia.

Baca Juga: 9 Fakta Estadio de la Ceramica, Markas Villareal

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya