Comscore Tracker

Waktunya ManCity Putus Kesialan di Liga Champions

ManCity sejauh ini masih unggul atas Dortmund

Jakarta, IDN Times - Sudah lama rasanya Manchester City tidak menapaki semifinal Liga Champions. Kini, kesempatan itu datang kembali untuk mereka.

Dalam perempat final Liga Champions 2020/21, ManCity masih memegang keunggulan agregat atas lawan mereka, Borussia Dortmund, 2-1. Pada Kamis (15/4/2021) dini hari, kedua tim akan bertemu lagi di Signal Iduna Park untuk menentukan siapa yang akan lolos ke semifinal.

The Citizens memang masih berada dalam keunggulan. Namun, dengan selisih satu gol saja dengan Dortmund, ManCity tetap harus waspada. Bagaimanapun, jangan sampai kesempatan menjejak babak semifinal ini kembali sirna.

Baca Juga: Tersingkir dari Liga Champions, Bayern Munich: Kami Harusnya Lolos!

1. Musim 2015/16, terakhir kali ManCity masuk semifinal Liga Champions

Waktunya ManCity Putus Kesialan di Liga ChampionsPemain Manchester City memegangi kepalanya usai laga Liga Inggris melawan Manchester United di Etihad Stadium, Manchester, Inggris (7/3/2021). MU berhasil menundukkan Manchester City dengan skor 2-0 melalui gol Bruno Fernandes dan Luke Shaw. ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Laurence Griffiths

Terakhir kali ManCity tembus semifinal Liga Champions adalah pada musim 2015/16. Ketika itu, ManCity yang memang tampil garang sepanjang kompetisi, dengan menumbangkan tim-tim macam Dynamo Kiev dan Paris Saint-Germain, hingga mampu melangkah hingga semifinal.

Di semifinal, mereka bertemu raksasa Spanyol, Real Madrid. Dua kali bertemu Los Blancos, ManCity mampu memberikan perlawanan yang sengit. Mereka hanya kalah total agregat 0-1 dari Madrid, yang akhirnya melenggang ke final dan mengakhiri kompetisi sebagai juara.

2. ManCity yang sial kerap terhenti di perempat final

Waktunya ManCity Putus Kesialan di Liga ChampionsPemain Manchester City Raheem Sterling (kanan) merobek gawang Liverpool pada laga lanjutan Liga Premier Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Minggu (7/2/2021). Manchester City semakin nyaman duduk di puncak klasemen liga usai pecundangi tuan rumah Liverpool 4-1. ANTARA FOTO/Jon Super/Pool via REUTERS

Setelah keberhasilan di musim 2015/16, ManCity justru tidak pernah lagi menembus semifinal. Mulai dari musim 2016/17 hingga 2019/20, langkah ManCity selalu terhenti, maksimal di perempat final.

Lebih mirisnya lagi, pada musim 2017/18 dan 2018/19, ManCity terhenti oleh dua tim asal Inggris di perempat final, yakni Liverpool dan Tottenham Hotspur. Menariknya lagi, dua tim yang menghentikan ManCity berhasil melaju hingga partai puncak.

3. ManCity punya bekal kuat musim ini

Waktunya ManCity Putus Kesialan di Liga ChampionsPemain Manchester City Phil Foden (kanan) berusaha melewati hadangan pemain Borussia Dortmund Mateu Morey pada pertandingan babak perempat final leg pertama Liga Champions di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Selasa (6/4/2021) waktu setempat. Gol Phil Foden di menit terakhir menjadi penentu kemenangan tipis City 2-1 atas Dortmund. (ANTARA FOTO/REUTERS/Phil Noble)

Dari segi kekuatan dan kedalaman skuad, ManCity sudah punya bekal lebih dari cukup untuk melenggang ke semifinal, selain keunggulan agregat yang mereka miliki atas Dortmund. Manajer ManCity, Pep Guardiola, agaknya memang sudah menemukan ramuan yang pas buat tim asuhannya musim ini.

Sementara itu, kondisi Dortmund masih compang-camping di kompetisi domestik. Kemenangan terakhir yang mereka dapat atas VfB Stuttgart saja diraih dengan susah payah. Kendati demikian, ManCity harus tetap waspada. Mereka juga baru saja kalah 1-2 dari Leeds United.

Tidak cuma itu, catatan ManCity yang kerap terhenti di perempat final juga patut jadi sorotan. Karena, saat menghadapi Liverpool, Tottenham, dan Lyon di perempat final sebelumnya, mereka berstatus unggulan. Akan tetapi, mereka gagal memanfaatkan itu.

Baca Juga: Susah Payah ManCity Tegaskan Dominasi di Liga Champions

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya