Wartawan Gugat Persija karena Tertutup dan Susah Diliput

Manajemen Persija tak terbuka dengan media

Jakarta, IDN Times - Wartawan menggugat Persija Jakarta. Melalui Koordinatoriat PSSI Pers, mereka menyatakan sikap memboikot pemberitaan Persija Jakarta.

Melalui pernyataan resmi yang diterima IDN Times, wartawan menyebut Persija sekarang terkesan tertutup.

"Koordinatoriat PSSI Pers menyatakan sikap untuk memboikot pemberitaan Persija Jakarta mulai Sabtu (4/9/2021), sampai batas waktu yang tak ditentukan. Hal ini menyikapi manajemen Persija Jakarta yang terkesan tertutup dengan media," ujar pernyataan resmi tersebut.

1. Persija sulitkan kinerja wartawan

Wartawan Gugat Persija karena Tertutup dan Susah DiliputIlustrasi Jurnalis (IDN TImes/Arief Rahmat)

PSSI Pers juga menyebut manajemen Persija selama ini menyulitkan kinerja wartawan untuk meliput tim. Bukan cuma akses, manajemen juga melarang pemain Persija bicara dengan wartawan. Bahkan, info launching tim 2021 saja tidak diinformasikan pada wartawan.

"Minimnya informasi terbaru, dan teranyar launching tim yang tak menginformasikan ke media. Di sisi lain, pemain Persija kerap dengan begitu mudahnya berbicara dengan media-media alternatif semisal YouTuber dan sejenisnya," tutur pernyataan resmi PSSI Pers.

Baca Juga: JIS: Janjinya Buat Persija Jakarta Tapi Timnas Bisa Pakai

2. PSSI Pers ingin ada audiensi dengan manajemen

Wartawan Gugat Persija karena Tertutup dan Susah DiliputPara pemain dan official Persija melakukan selebrasi saat jadi juara di Trofeo Persija 2016. (ANTARA/Hafidz Mubarak A/kye/16).

Terkait sikap PSSI Pers ini, mereka tidak melarang jika ada wartawan yang tetap ingin meliput Persija. Semua kembali pada kebijakan redaksi masing-masing.

Intinya, mereka ingin adanya audiensi antara manajemen Persija dan para wartawan ke depannya.

"Terkait sikap ini, kebijakan redaksi untuk ikut atau tidak dengan sikap kami dikembalikan ke kebutuhan masing-masing. Kami mau ada audiensi dengan manajemen untuk mencari jalan keluar dari masalah ini sebelum memutuskan untuk mencabut boikot ini," tutur pernyataan resmi tersebut.

3. Masalah tersendiri bagi Persija

Wartawan Gugat Persija karena Tertutup dan Susah DiliputPemain Persija merayakan kemenangan atas Bhayangkara FC di Stadion Kanjuruhan. Instagram/persija

Boikot yang dilakukan wartawan ini jelas jadi masalah tersendiri bagi Persija jelang bergulirnya Liga 1 2021/22. Apalagi, pada Minggu (5/9/2021), mereka akan menggelar laga perdana di liga melawan PSS Sleman. Laga dihelat di Stadion Pakansari, Bogor.

Persija sudah menggelar launching tim untuk musim 2021/22 pada Jumat (3/9/2021) kemarin. Ternyata, launching ini tidak diberitahukan kepada para wartawan, dan akhirnya wartawan menggugat lewat pernyataan resmi PSSI Pers ini.

Baca Juga: Persija Cuek Usai Kalah dari PSG

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya