Comscore Tracker

Prabowo Cari Pemain yang Bisa Antar Timnas Indonesia ke Piala Dunia

Juara Nusantara Open 2022 bakal dapat hadiah Rp1 miliar

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, pada akhir pekan lalu menggelar turnamen sepak bola kelompok umur U-16 di Nusantara Polo Club, Kabupaten Bogor. Dia mengaku ingin mencari pemain muda yang dapat mengangkat prestasi Indonesia di dunia. Total ada 16 tim yang berpartisipasi di ajang kompetisi bernama Nusantara Open 2022. 

"Olahraga adalah salah satu tolak ukur kemajuan suatu bangsa. Olahraga mencerminkan keberhasilan pembangunan bangsa. Warga negara itu sehat dan fit. Rakyat yang sehat, dapat membela kemerdekaan bangsa itu," ungkap Prabowo seperti dikutip YouTube Garuda TV pada Senin, (18/7/2022). 

Baginya, olahraga sangat penting bagi kemajuan suatu bangsa, khususnya sepak bola. Sejumlah negara dikenal oleh dunia melalui prestasinya di sepak bola, seperti Brasil, Argentina, dan lainnya. 

"Sebagian besar rakyat dunia itu memandang sepak bola sebagai ajang pertandingan kemampuan antar bangsa," ujarnya. 

Maka, melalui kompetisi itu, Prabowo berharap bisa mendapatkan bibit-bibit unggul yang bisa membawa Timnas Indonesia tembus Piala Dunia. Prabowo bahkan menargetkan bibit unggul itu sebaiknya sudah ditemukan pada tiga tahun mendatang. 

"Saudara saat ini usianya 15-16 tahun. Tiga tahun lagi sudah 18 tahun. Artinya, tiga tahun lagi kita harus punya tim di Piala Dunia," tutur pria yang juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan tersebut.

1. Juaranya dibina di akademi sepak bola terbaik

Prabowo Cari Pemain yang Bisa Antar Timnas Indonesia ke Piala DuniaSalah satu tim U-16 yang ikut Turnamen Nusantara Open 2022 di Nusantara Polo Club pada Sabtu, 16 Juli 2022. (Dokumentasi Tim Prabowo Subianto)

Prabowo terlihat tidak main-main dalam mewujudkan mimpi untuk mencari talenta yang bisa bawa Timnas ke Piala Dunia. Demi memotivasi para pemain, hadiah uang tunai pun ditambah. Awalnya, juara bakal mendapat uang Rp100 juta, tapi dinaikkan menjadi Rp1 miliar. 

"Tadi, ketua panitia mengatakan juara akan dikasih Rp100 juta. Menurut saya, karena semangat kalian tadi, belum main saja, saya sudah lihat semangat kalian baik. Jadi, hadiahnya tidak Rp100 juta. Kami tambahkan hadiahnya menjadi Rp1 miliar," kata Prabowo. 

Uang tersebut nantinya digunakan untuk pembinaan para pemain di akademi masing-masing. Bahkan, bagi pemenang pertama, timnya bakal dititipkan selama satu bulan untuk berlatih di akademi sepak bola terbaik dunia.

Di sisi lain, nominal hadiah bagi peringkat kedua dan ketiga turut ditambah. Peringkat kedua nantinya menerima Rp750 juta dan ketiga Rp500 juta.

Baca Juga: Gemas! Alasan Prabowo Mimpi Bangun Klub Sepak Bola Usai Pensiun

2. Optimisme jadi kuncinya

Prabowo Cari Pemain yang Bisa Antar Timnas Indonesia ke Piala DuniaKetua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto berbicara dengan Ketum PSSI, Iwan Setiawan di Nusantara Polo Centre pada Sabtu, 16 Juli 2022. (Dokumentasi tim Prabowo)

Prabowo menilai ambisi untuk bisa lolos ke Piala Dunia bagi sebagian orang dinilai tak masuk akal. Namun, dia mendorong agar para atlet bersikap optimistis untuk mengharumkan Indonesia di kancah dunia. 

"Nanti, pasti ada yang bilang tidak mungkin. Ya, mental tidak mungkin ini yang harus kita kikis. Yang tidak mungkin, kita buat menjadi mungkin. Pastinya memungkinkan, karena semangat anak-anak muda," katanya. 

Dia menyebut di Piala Dunia bakal terlihat mana tim yang memiliki kerja sama dan semangat yang baik. Bukan hanya karena memiliki keterampilan teknis tetapi juga dibutuhkan semangat. 

"Kami berharap pertandingan ini menghasilkan bibit-bibit terbaik," ungkap Prabowo.

Dalam turnamen yang berlangsung pada akhir pekan lalu total ada 16 tim U-16 yang ikut berlaga. Mereka adalah Persija Jakarta, Persib Bandung, PSIS Semarang, Borneo FC, PSLS Lhokseumawe, Garuda Nusantara, ASIFA, ASIOP, PSM Makassar, Persipura Jayapura, PSS Sleman, Bogor Junior Academy, PSA Ambon, Bintang Timur Academy, Tiga Naga, Maluku Utara Selection.

3. Prabowo pernah bermimpi punya klub sepak bola

Prabowo Cari Pemain yang Bisa Antar Timnas Indonesia ke Piala DuniaANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Prabowo memang pernah menyatakan punya mimpi untuk memiliki klub sepak bola usai pensiun dari posisi Menteri Pertahanan. Dia gemas lantaran Indonesia belum berhasil menembus Piala Dunia. 

"Nama (klub sepak bolanya) sudah ada, Nusantara United. Jadi, itu tugas saya yang paling mengganjal," ungkap Prabowo di hadapan para wisudawan dari Universitas Pancasila yang dikutip dari YouTube pada 8 Juni 2022 lalu. 

Menurut Prabowo, sepak bola bukan sekadar olahraga. Sepak bola adalah olahraga yang paling populer di dunia.

"Oleh karena itu, sepak bola adalah persaingan kehormatan antarbangsa. Jadi, saudara, masak sih tidak ada national will dari kita untuk masuk ke Piala Dunia? Itu membutuhkan kehendak. Jangan dianggap, sepak bola itu (olahraga) biasa," katanya.

Baca Juga: Prabowo Bersyukur Kondisi Ekonomi RI Tak Senasib dengan Sri Lanka

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya