2 Pesepak Bola Ukraina Tewas Akibat Invasi Rusia

Mereka pesepak bola pertama yang tewas dalam perang ini

Jakarta, IDN Times - Perang Rusia-Ukraina telah menewaskan ratusan warga. Dua di antaranya ternyata merupakan pesepak bola profesional, Vitalii Sapylo dan Dmytro Martynenko.

Kabar ini diketahui lewat pengumuman resmi Federasi Pemain Profesional Dunia (FIFPro). Keduanya, dijelaskan FIFPro, tewas pada akhir pekan lalu.

"Duka mendalam untuk keluarga, rekan satu tim, hingga teman dari pesepak bola Ukraina Vitalii Sapylo dan Dmytro Martynenko. Mereka pesepak bola pertama yang dilaporkan meninggal di perang ini. Semoga tenang di sana," begitu pernyataan resmi FIFPro.

Baca Juga: Rusia Marah UEFA Cabut Status Tuan Rumah Final Liga Champions

1. Sapylo ikut bertempur

Sapylo merupakan pemain tim muda Karpaty Lviv. Pria 21 tahun itu tewas saat ikut bertempur dengan pasukan Ukraina melawan Rusia pada Jumat (25/2/2022).

Sementara, Martynenko bermain buat FC Gostomel. Dia meninggal saat bom yang diluncurkan tentara Rusia menghantam apartemennya. Jasad Martynenko ditemukan bersama ibunya.

2. Dianggap pahlawan

Karpaty Lviv menyatakan Sapylo merupakan seorang pahlawan. Sebab, dia tanpa takut turun ke medan perang, melawan Rusia demi mempertahankan kedaulatan Ukraina.

"Kami memiliki kenangan indah yang akan terekam selamanya tentang pahlawan satu ini," begitu pernyataan Karpaty Lviv di situs resminya.

Baca Juga: Dihukum FIFA dan UEFA, Rusia Gagal ke Piala Dunia 2022

3. Rusia dikucilkan

2 Pesepak Bola Ukraina Tewas Akibat Invasi Rusiainstagram.com/teamrussia

Invasi Rusia ke Ukraina sebenarnya sudah berdampak besar pada sepak bola Eropa. Polandia, Republik Ceko, dan Swedia, melakukan boikot massal.

Ketiganya enggan melawan Rusia di play-off Piala Dunia 2022, Qatar. Sejumlah negara juga menyatakan tak mau melawan Rusia, baik klub dan tim nasionalnya, di berbagai ajang, imbas dari serangan ke Ukraina.

Kemudian, UEFA dan FIFA menjatuhkan sanksi kepada Timnas Rusia dan klubnya dengan larangan berlaga di pentas internasional. Dengan sanksi tersebut, Rusia dipastikan gagal ke Piala Dunia 2022.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya