3 Fakta Menarik Kemenangan Kroasia Atas Brasil: Livakovic Gemilang!

Kroasia bisa lolos berkat aksi Livakovic

Jakarta, IDN Times - Kemenangan Kroasia atas Brasil dalam perempat final Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Jumat (9/12/2022), mengejutkan banyak pihak. Tak banyak yang menyangka, Brasil akan tumbang dari Kroasia, meski begitu dominan sepanjang laga.

Apalagi, dalam laga ini Brasil unggul lebih dulu di masa kritis. Namun, Kroasia lewat kekuatan mentalnya, berhasil membalas gol Brasil hingga bisa menang lewat adu penalti, 4-2 (1-1).

Lewat hasil ini, Kroasia menciptakan sejumlah catatan dan sejarah di Piala Dunia. Paling spesial, tentu ditorehkan oleh kipernya, Dominik Livakovic. Berikut IDN Times sajikan seperti dilansir Opta.

1. Kroasia paling jago di perpanjangan waktu

3 Fakta Menarik Kemenangan Kroasia Atas Brasil: Livakovic Gemilang!Kroasia merayakan kelolosan ke semifinal Piala Dunia 2022 (Twitter @FIFAWorldCup)

Label Kroasia sebagai tim bermental baja benar-benar terbukti. Sebab, lima dari tujuh laga yang berlanjut ke perpanjangan waktu melibatkan Kroasia.

Menariknya, Kroasia selalu berhasil lolos dari empat kesempatan terakhir yang didapatkan. Dengan begitu pula, Kroasia selalu lolos ke semifinal dari tiga perempat final yang didapatnya, 1998, 2018, serta 2022. Luar biasa!

Baca Juga: Bekuk Brasil, Kroasia Amankan Tiket Pertama Semifinal

2. Livakovic, pemilik Tangan Dewa

Livakovic kembali mencuri perhatian. Setelah membantu Kroasia mengalahkan Jepang dengan menepis eksekusi Kaoru Mitoma dan Maya Yoshida, kini Livakovic menepis eksekusi Rodrygo Goes.

Tepisan Livakovic begitu berarti buat Kroasia. Sebab, dengan aksinya, Kroasia jadi lebih percaya diri dan Brasil tertekan.

Aksinya itu juga membuat Livakovic masuk dalam sebuah rekor. Dia sudah empat kali menepis eksekusi penalti sepanjang kiprahnya di Piala Dunia, menjadi jumlah terbanyak dari seluruh kiper yang ada.

Bukan hanya itu, Livakovic juga mencatatkan penyelamatan terbanyak di antara kiper Kroasia lainnya, sampai delapan kali.

Baca Juga: Kroasia Vs Brasil: Bayang-bayang Penalti Gaib Piala Dunia 2014

3. Angka 13 penuh sial buat Brasil

Kekalahan dari Kroasia juga membawa rekor buruk bagi Brasil. Mereka merupakan tim pertama yang tersingkir setelah cetak gol lebih dulu di masa perpanjangan waktu.

Padahal, sebelumnya Brasil mencatatkan sebuah sejarah dengan menjadi tim ke-13 yang unggul 1-0 lebih dulu di perpanjangan waktu Piala Dunia. Tapi, pada akhirnya mereka harus kalah.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya