3 Fakta Menarik Spanyol Vs Jerman, Jaminan Ketat dan Seru

Spanyol dan Jerman memiliki kepentingan sama, tujuan beda

Jakarta, IDN Times - Partai akbar akan tersaji di Al Bayt Stadium, Senin dini hari WIB (27/11/2022), saat Spanyol jumpa dengan Jerman. Dipastikan seru karena kedua tim memiliki kepentingan yang sama, namun dengan tujuan berbeda.

Spanyol butuh kemenangan demi memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Sementara, Jerman harus mengemas tiga poin agar bisa membuka asa untuk tembus ke fase gugur dan memulihkan reputasinya.

Dengan fakta itu, sudah dipastikan kalau laga akan berlangsung menarik. Kedua tim juga sudah melayangkan psywar.

Sebelum menyaksikan laga, ada baiknya kita tengok dulu fakta menarik duel ini seperti dikutip berbagai sumber.

1. Head to head ketat

3 Fakta Menarik Spanyol Vs Jerman, Jaminan Ketat dan SeruTimnas Spanyol. (marca.com)

Spanyol dan Jerman sudah jumpa sebanyak 25 kali di berbagai ajang. Catatannya, Spanyol masih kalah dari Jerman dengan hanya mengemas delapan kemenangan.

Der Panzer sudah sembilan kali menang atas Spanyol. Kemudian, delapan laga sisanya berakhir imbang. Tapi, Jerman harus waspada karena di pertemuan terakhir dalam ajang UEFA Nations League, dibantai Spanyol dengan skor 0-6.

Apalagi, Jerman cuma menang sekali dalam tujuh pertemuan terakhir dengan Spanyol. Sisanya berakhir dengan imbang dua kali dan kalah dalam empat kesempatan.

Baca Juga: Partai Penghakiman Jerman di Piala Dunia 2022

2. Tandukan Puyol yang bikin merana

3 Fakta Menarik Spanyol Vs Jerman, Jaminan Ketat dan SeruCarles Puyol (twitter.com/euro2020)

Kedua tim sebenarnya sudah empat kali jumpa di Piala Dunia sepanjang sejarah. Terakhir kali terjadi pada Piala Dunia 2010.

Jerman dan Spanyol jumpa di semifinal. Namun, kala itu La Furia Roja yang berjaya. Tandukan sang kapten, Carles Puyol, berhasil mengantarkan Spanyol menang dengan skor 1-0 dan tembus final. Setelahnya, Spanyol jadi juara usai menaklukkan Belanda, 1-0.

Ini menjadi kekalahan kedua Jerman dari Spanyol secara beruntun di fase gugur turnamen mayor. Sebelumnya, mereka dibekuk Spanyol pada Piala Eropa 2008, lewat gol tunggal Fernando Torres.

3. Rekor minor Jerman di Piala Dunia

3 Fakta Menarik Spanyol Vs Jerman, Jaminan Ketat dan SeruGestur tutup mulut timnas Jerman. (football.london)

Setelah jadi juara pada 2014 silam, Jerman sama sekali tak bisa bersaing. Mereka kesulitan buat meraup kemenangan dalam empat laga terakhir di Piala Dunia.

Jerman sudah kalah tiga kali dalam empat laga di Piala Dunia. Mereka kalah dua kali beruntun di turnamen ini, mengulang catatan buruk yang muncul pada 1958 dan 1982.

Kalau kalah lagi dari Spanyol, maka rekor buruk Jerman akan bertambah. Ini akan jadi kali pertama Jerman kalah dalam tiga laga beruntun Piala Dunia.

Baca Juga: Spanyol Waspadai Jerman yang Terluka di Piala Dunia 2022

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya