3 Skenario Buat Barcelona dalam Kontroversi Wasit, Bisa Lolos Sanksi

Barcelona bisa lolos sanksi

Jakarta, IDN Times - Komisi Disiplin UEFA ternyata sudah menyiapkan tiga skema untuk menyikapi Caso Negreira yang menghantam Barcelona. Dalam kasus yang dianggap telah mencederai integritas sepak bola itu, UEFA punya berbagai alternatif sikap agar kontroversi selesai.

Dari tiga skenario itu, ternyata ada potensi Barcelona lolos dari hukuman. Tak cuma itu, Barcelona juga bisa dipulihkan citranya dalam kasus kontroversial yang melibatkan wasit ini. Seperti apa?

1. Ada potensi lolos sanksi

3 Skenario Buat Barcelona dalam Kontroversi Wasit, Bisa Lolos SanksiPara pemain Barcelona merayakan gelar juara di kandang Espanyol, RCDE Stadium (Instagram @fcbarcelona)

Mundo Deportivo melansir, Komisi Disiplin UEFA menyatakan bisa ada tiga hasil putusan yang keluar. Salah satunya adalah, Barcelona berpotensi dinyatakan tak bersalah.

Kalau itu terjadi, maka kasus secara resmi ditutup. Barcelona akan dinyatakan tak bermasalah dalam kasus ini, meski sudah membayar mantan Wakil Presiden Komite Wasit, Jose Maria Enriquez Negreira sebesar tujuh juta euro selama 17 tahun.

Baca Juga: Gaji Messi di Barcelona Cuma Unggul Rp16 Ribu dari Lewandowski

2. Dilarang main di Liga Champions

3 Skenario Buat Barcelona dalam Kontroversi Wasit, Bisa Lolos SanksiSelebrasi Franc Kessie usai membobol gawang Real Madrid, Senin (20/3/2023). (Twitter/@FCBarcelona).

Kemungkinan kedua, Barcelona bisa dikenakan sanksi berat. Mereka mungkin saja dianulir keikutsertaannya di Liga Champions.

Hukuman ini bukan cuma semusim, tapi berpotensi diberikan di musim berikutnya. Ini menjadi hukuman yang paling berat, karena secara finansial, Barcelona jadi lebih sedikit pemasukannya. Secara teknis pula, daya tarik Barcelona jadi kurang dan pemain incaran bisa saja lepas.

3. Bergantung hukum Spanyol

3 Skenario Buat Barcelona dalam Kontroversi Wasit, Bisa Lolos SanksiPemain Barcelona, Frenkie de Jong dan Robert Lewandowski. (barcablaugranes.com)

Kemudian, opsi ketiga adalah Komisi Disiplin UEFA membuka kemungkinan klaim luar biasa. Dalam situasi ini, Komisi Disiplin UEFA tak akan memberi sanksi secara langsung.

Tapi, mereka akan menunggu sistem peradilan di Spanyol. Sanksi yang dijatuhkan UEFA, nantinya akan sejalan dengan pengadilan Spanyol.

Baca Juga: Messi Balik ke Barcelona: Tergantung Hatinya

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya