4 Tiket Lagi di Perempat Final Liga Champions, Siapa yang Dapat?

Baru dua tim yang hampir pasti lolos, ManCity dan Bayern

Jakarta, IDN Times - Tiket menuju perempat final Liga Champions tersisa empat lagi. Seluruh tiket tersisa akan diperebutkan oleh delapan tim yang akan bertanding sejak Rabu (16/3/2021) dini hari nanti WIB hingga Kamis lusa.

Sejauh ini, baru dua tim yang hampir pasti lolos ke perempat final, Manchester City dan Bayern Munich. Keduanya sudah mencetak margin skor yang cukup sulit buat dikejar.

Bayern menang atas Lazio 4-1 di leg 1. Sedangkan, ManCity unggul dua gol tanpa balas atas Borussia Moenchengladbach pada pertemuan pertama di 25 Februari 2021 lalu.

Kini, tinggal Chelsea dan Real Madrid yang harus berjuang keras. Keduanya cuma menang 1-0 atas Atletico Madrid dan Atalanta, yang jadi lawan masing-masing. Dan dengan margin setipis itu, bukan tak mungkin terkejar, meski keduanya mencetak kemenangan di kandang lawan masing-masing.

1. Kalah 0-3, Bayern tetap lolos

4 Tiket Lagi di Perempat Final Liga Champions, Siapa yang Dapat?Pemain Manchester City Ilkay Gundongan (kedua kiri) bersama rekannya melakukan selebrasi usai membobol gawang Liverpool pada laga lanjutan Liga Premier Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Minggu (7/2/2021). Manchester City semakin nyaman duduk di puncak klasemen liga usai pecundangi tuan rumah Liverpool 4-1. ANTARA FOTO/Jon Super/Pool via REUTERS

ManCity dan Bayern posisinya sangat diuntungkan. Sebab, keunggulan dua gol tercipta ketika ManCity menjadi tamu dari Gladbach di Puskas Arena. Pun, dengan Bayern yang berstatus tamu pada pertemuan pertama di 24 Februari 2021 lalu.

Otomatis, di leg 2, Gladbach harus menang setidaknya dengan skor 3-0 kalau mau lolos. Namun, misi tersebut terbilang mustahil karena ManCity sedang ganas-ganasnya.

Bayern lebih diuntungkan karena sudah menang 4-1 dan mencetak empat gol di kandang lawan. Kalah dengan skor 0-3 saja, Die Roten masih berhak melaju ke perempat final.

Sebab, Bayern masih unggul agresivitas gol tandang, empat banding tiga. Beda cerita kalau Lazio menang dengan skor 4-1, maka laga dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Kalau menang dengan skor 4-0, Lazio bisa saja lolos. Namun, itu terbilang sulit.

Baca Juga: Chelsea Hajar Everton, Thomas Tuchel Pecahkan Rekor Anyar

2. Chelsea dan Madrid harus waspada

4 Tiket Lagi di Perempat Final Liga Champions, Siapa yang Dapat?Pesepak bola Chelsea Olivier Giroud melakukan selebrasi setelah berhasil mencetak gol ke gawang Newcastle United dalam laga lanjutan Liga Inggris, di Stadion Stamford Bridge, London, Inggris, Senin (15/2/2021). Chelsea berhasil mengalahkan Newcastle United 2-0. ANTARA FOTO/Pool via Reuters--Paul Childs

Sementara, Chelsea masih harus waspada. Sebab, meski menang 1-0 di kandang Atletico, mereka masih bisa saja terkejar.

Dari rekor pertemuan juga sudah terlihat. Chelsea sempat kalah 1-3 dari Atletico dalam semifinal Liga Champions musim 2013/14 di Stamford Bridge, setelah sebelumnya sempat imbang saat bertandang ke Vicente Calderon.

3. Madrid juga tak boleh lengah

4 Tiket Lagi di Perempat Final Liga Champions, Siapa yang Dapat?instagram.com/fedeevalverde

Sama halnya dengan Chelsea, Madrid juga tak boleh lengah. Apalagi, Madrid dan Atalanta belum pernah jumpa sekali pun di pentas Eropa. Ini jadi kali pertama mereka bertemu.

Tentunya Los Blancos harus waspada dengan kejutan yang bisa saja diberikan oleh Atalanta.

Rekam jejak Atalanta di pentas Eropa sejak dua musim terakhir bisa jadi catatan bagi Madrid. Mereka kini bukan lagi tim kacangan yang bisa dianggap remeh, karena selalu mampu menghadirkan kejutan.

Baca Juga: Liga Champions: Misi Berat Mönchengladbach Membendung Manchester City 

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya