Comscore Tracker

6 Statistik Serba Paling di Piala Dunia 2022: Ada Mbappe dan Messi

Sejumlah catatan menarik lahir hingga babak 16 besar

Jakarta, IDN Times - Piala Dunia 2022 akhirnya memasuki perempat final. Sejak penyisihan grup hingga babak 16 besar, tercipta sejumlah statistik yang cukup menarik untuk disimak.

Catatan ini membuktikan, siapa pemain yang "paling" dari segala kategori di Piala Dunia 2022. Sejumlah kategori, masih dikuasi para pemain bintang. Tapi, ada juga yang direbut oleh pemain-pemain tak terduga.

Berikut IDN Times sajikan datanya buat kamu seperti dilansir Opta.

1. Messi paling sering giring bola

6 Statistik Serba Paling di Piala Dunia 2022: Ada Mbappe dan MessiKapten Argentina, Lionel Messi, rayakan gol ke gawang Meksiko di Piala Dunia 2022 (Twitter @FIFAWorldCup)

Lionel Messi boleh saja sering jalan di Piala Dunia 2022. Sepanjang Piala Dunia 2022, Messi memang sudah jalan sejauh 4,6 km.

Tapi, sebenarnya di situlah kelebihan Messi. Meski sering jalan, Messi ternyata ingin memetakan kelemahan lawan.

Ketika dapat bola, Messi mulai bermanuver. Dia pada akhirnya menjadi pemain yang paling sering menggiring bola dengan jarak tempuh 1,18 kilometer.

Torehannya merupakan tertinggi, menggungguli pemain lain yang jauh lebih muda seperti Pedri (972 meter) dan Christian Pulisic (965 meter).

2. Hakimi Si Tukang Jegal

6 Statistik Serba Paling di Piala Dunia 2022: Ada Mbappe dan MessiAchraf Hakimi (twitter.com/AchrafHakimi)

Maroko memang menjadi tim yang paling militan di Piala Dunia 2022. Terbukti, dua pemain Maroko menjadi yang paling sering melayangkan tekel hingga perempat final.

Achraf Hakimi merupakan pemain yang paling sering melepaskan tekel, 17 kali. Sementara, rekan Hakimi, Noussair Mazraoui ada di urutan kedua dengan catatan 13 tekel.

Baca Juga: Presiden FIFA: Piala Dunia 2022 Terbaik Sepanjang Masa

3. Bukti ketajaman Kylian Mbappe

6 Statistik Serba Paling di Piala Dunia 2022: Ada Mbappe dan MessiStriker Prancis, Kylian Mbappe, usai cetak gol ke gawang Polandia di Piala Dunia 2022 (Sky Sports)

Kylian Mbappe sudah mencetak lima gol hingga babak 16 besar Piala Dunia 2022, menjadikannya sebagai top scorer sementara. Namun, ketajaman Mbappe tak cuma sekadar cetak gol.

Perannya dalam kreasi gol begitu besar. Tercatat, Mbappe terlibat dalam terciptanya gol Prancis sebanyak delapan kali. Selain lima gol, dua assist diberikan Mbappe, sedangkan sisanya merupakan kombinasi yang berujung gol buat Prancis.

4. Jamal Musiala sang penyihir

6 Statistik Serba Paling di Piala Dunia 2022: Ada Mbappe dan MessiJamal Musiala (twitter.com/DFB_Team)

Tak salah menyebut Jamal Musiala sebagai pemain yang paling dinantikan aksinya di Piala Dunia 2022. Ketika Jerman jeblok, performa Musiala justru yang paling menonjol sendiri.

Musiala kerap bikin pemain lawan pontang-panting ketika harus meredam gocekannya. Sudah 19 kali, Musiala melewati lawan. Itu menjadi catatan terbanyak hingga babak 16 besar.

Mbappe kalah dari Musiala dalam statistik ini. Sebab, dia cuma 13 kali melewati lawan hingga babak 16 besar.

5. Griezmann yang suka buka ruang

6 Statistik Serba Paling di Piala Dunia 2022: Ada Mbappe dan MessiAntoine Griezmann. (eurosport.com)

Antoine Griezmann boleh saja melempem bersama Atletico Madrid. Tapi, ketika main bela Prancis, Griezmann malah lebih kreatif.

Bersama Les Bleus, Griezmann menjadi pemain yang paling kreatif hingga babak 16 besar Piala Dunia 2022. Rasionya dalam menciptakan peluang gol, dengan indikator assist, mencapai 2,7.

Catatan itu jauh lebih tinggi ketimbang Leroy Sane dan Joshua Kimmich, yang rasionya cuma 1,9 serta 1,5.

Baca Juga: Bek Arsenal Stres Usai Jepang Tersingkir dari Piala Dunia 2022

6. Kejutan dalam umpan jauh

6 Statistik Serba Paling di Piala Dunia 2022: Ada Mbappe dan MessiJohn Stones dan Haji Wright dalam pertandingan Timnas Inggris vs Timnas Amerika Serikat di Piala Dunia 2022. (twitter.com/FIFAWorldCup)

Biasanya, gelandang punya kemampuan yang mumpuni buat melepaskan umpan panjang akurat. Tapi, dalam Piala Dunia 2022, justru rataan umpan panjang sukses malah dikuasai bek.

Adalah bek tengah Inggris, John Stones, yang menjadi pemain paling akurat umpan panjangnya. Sudah 27 umpan panjang yang dilepaskan Stones, menemui rekannya.

Pedri, gelandang kreatif Spanyol, masih kalah dari Stones, karena mencatatkan 26 umpan jauh yang sukses.

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya