Ada Misi Terselubung Shin Tae Yong di Laga Timnas U-23 Vs Thailand

Shin Tae Yong tampaknya mau balas dendam ke Thailand

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong, tampaknya mengusung misi terselubung di semifinal SEA Games 2021, Kamis (19/5/2022). Tampaknya, Shin ingin membayar kegagalan mengantarkan Indonesia juara Piala AFF pada awal 2022 lalu.

Shin mengakui kalau duel melawan Thailand kali ini akan berbeda. Sebab, ini levelnya bukan tim senior, merupakan U-23.

Meski begitu, Shin percaya diri anak-anak asuhnya lebih unggul kali ini. Sebab, persiapan Timnas U-23 terbilang lebih matang.

"Saya sudah punya pengalaman di Piala AFF, ini SEA Games pertama. Thailand, Vietnam, dan Indonesia selalu bersaing. Kami memang kalah dari Thailand di final Piala AFF, tapi situasi kali ini berbeda. Kami sudah menyiapkan diri dengan baik," ujar Shin dikutip situs resmi PSSI.

Baca Juga: Jelang Timnas U-23 Vs Thailand, Shin: Komentari Lagi Lapangan

1. Shin Tae Yong harus putar otak

Ada Misi Terselubung Shin Tae Yong di Laga Timnas U-23 Vs ThailandTimnas U-23 di SEA Games 2021. (pssi.org)

Menghadapi Thailand, Shin harus memutar otaknya. Sebab, Asnawi Mangkualam tak bisa main akibat akumulasi kartu.

Namun, dia mendapat tambahan tenaga di lini serang seiring dengan kembalinya Saddil Ramdani yang baru selesai membela Sabah FC. Kemungkinan besar, dengan masuknya Saddil, akan ada perubahan lagi di komposisi lini depan.

Ada indikasi kalau Ilham Rio Fahmi akan dijadikan cadangan dan Timnas U-23 menggunakan skema false nine, demi meredam agresivitas Thailand.

"Performa Ilham Rio kian meningkat. Mari lihat apakah besok Ilham Rio main atau tidak," kata Shin.

2. Ambisi Marc Klok

Ada Misi Terselubung Shin Tae Yong di Laga Timnas U-23 Vs ThailandTimnas Indonesia U-23 berhasil kalahkan Filipina, 4-0, dalam duel di penyisihan Grup A SEA Games 2021, Jumat (13/5/2022). (dok. PSSI)

Sementara itu, gelandang Timnas U-23, Marc Klok, terlihat begitu percaya diri bisa mengalahkan Thailand besok. Klok menyatakan saat ini Pasukan Garuda Muda tengah berada dalam kepercayaan diri yang tinggi usai bangkit dari kekalahan telak melawan Vietnam di laga pembuka.

"Mereka tim yang bagus, tapi kami yakin meraih kemenangan. Kami harus disiplin, fokus, dan bekerja keras," tegas Klok.

3. Rekor buruk hantui Timnas U-23

Ada Misi Terselubung Shin Tae Yong di Laga Timnas U-23 Vs ThailandTimnas U-23 di SEA Games 2021. (Dok. PSSI)

Menghadapi Thailand, Timnas U-23 dibayangi rekor buruk. Sejak pertama kali bertemu pada SEA Games 1977, Indonesia selalu kesulitan saat bersua tim Gajah Perang tersebut.

Indonesia dan Thailand sudah bertemu sebanyak 22 kali di ajang SEA Games, sejak 1977 silam. Dari 22 pertemuan itu, skuad Garuda benar-benar kalah telak dari tim Gajah Perang. Kemenangan adalah hal yang jarang didapat.

Total, Indonesia kalah 17 kali dari 22 pertemuan dengan Thailand sepanjang sejarah SEA Games. Sisanya, Indonesia hanya mampu menang dua kali dan meraih hasil imbang tiga kali. Alhasil, Timnas U-23 kudu waspada.

Baca Juga: Jelang Timnas U-23 Vs Thailand: Asnawi Absen, Saddil Datang

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya