AFF Tak Temukan Bukti Vietnam dan Thailand Main Sabun

PSSI terima keputusan AFF

Jakarta, IDN Times - Sub-Konfederasi Sepak bola Asia Tenggara (AFF) menyatakan laga Vietnam versus Thailand di Piala AFF U-19 beberapa waktu lalu, bersih dari main sabun. Manajemen AFF merasa kalau laga berjalan normal.

Keputusan itu sudah diterima oleh PSSI lewat surat balasan dari AFF. Pun, kubu PSSI menyambut hasil analisis dari AFF.

"Terima kasih kepada AFF atas respons dari surat kami. PSSI menerima keputusannya. Surat itu dikirim hanya ingin mempertanyakan apakah laga berjalan adil atau tidak. Semua sudah jelas, tak ada masalah lagi," kata manajer Timnas U-19, Endri Erawan, dikutip situs resmi federasi.

Baca Juga: Ironi Indonesia: Pendiri AFF, Sekarang Malah Ingin ke EAFF

1. Libatkan sejumlah analis

AFF Tak Temukan Bukti Vietnam dan Thailand Main SabunTimnas U-19 lawan Vietnam. (IDN Times/Tata FIrza)

AFF menggandeng Sports Radar untuk menilai adanya kecurangan atau tidak dalam duel tersebut. Mereka juga menghadirkan analis teknik untuk memberikan gambaran dan mempelajari laporan pengawas serta perangkat pertandingan.

Selain itu, Komite Hukum AFF juga dilibatkan. Dengan segala macam analisis yang ada, AFF menyimpulkan di 12 menit terakhir tak ada keanehan yang muncul.

2. Menimbulkan kontroversi

AFF Tak Temukan Bukti Vietnam dan Thailand Main SabunPiala AFF U-19, Indonesia VS Vietnam di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu (2/7/2022). Foto: IDN Times/Tata Firza.

Memang, laga Vietnam versus Thailand di penyisihan Grup A Piala AFF U-19, 10 Juli 2022 lalu, sempat menimbulkan kontroversi.

Publik mengendus adanya indikasi main sabun antara kedua tim. Sebab, mereka main tanpa gairah di 12 menit terakhir, dengan hanya oper-operan dan sering jatuh akibat cedera.

Berbagai hujatan dilayangkan publik Indonesia atas permainan Vietnam dan Thailand. Bahkan, pelatih dari kedua tim sampai bungkam ketika ditanya respons keras dari publik Indonesia.

3. Vietnam dan Thailand babak belur di semifinal

AFF Tak Temukan Bukti Vietnam dan Thailand Main SabunTimnas Thailand U-19 di Piala AFF U-19 2022. (Foto: instagram/changsuek)

Pada akhirnya, Vietnam dan Thailand tak bisa melaju ke final. Mereka kalah dari Malaysia serta Laos.

Kekalahan paling mengejutkan tentu diterima Thailand. Mereka dibekap Laos dua gol tanpa balas dalam duel yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, 13 Juli 2022.

Baca Juga: Juara Piala AFF U-19 2022, Malaysia Jaya Lagi di Indonesia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya