Apa Itu Barcagate? Konspirasi yang Berbahaya Buat Messi

Barcagate memang bertujuan membunuh citra pemain Barcelona

Jakarta, IDN Times - Barcagate mendadak jadi perbincangan di dunia maya pasca penangkapan mantan Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu. Kasus ini dianggap oleh pihak berwajib Spanyol sebagai hal serius karena mampu merusak citra orang.

Skandal Barcagate sejatinya memang bertujuan untuk mengangkat citra dari Bartomeu. Namun, caranya terbilang kotor.

Bersama kroninya, Bartomeu menyewa sebuah perusahaan agensi, I3 Ventures, demi mengangkat derajatnya di media sosial. Hanya saja, caranya terbilang ekstrem dengan mengorbankan sejumlah pemain bintang macam Lionel Messi dan Gerard Pique.

1. Modus jahat Barcagate

Apa Itu Barcagate? Konspirasi yang Berbahaya Buat Messigoal.com

Baca Juga: Rasa yang Aneh dari Barcelona, Real Madrid, dan Juventus

Modus Barcagate sebenarnya sederhana. Pihak agensi dicurigai membentuk sekelompok buzzer untuk menyerang sejumlah pemain lewat media sosial.

Facebook jadi garda terdepan dalam skandal ini. Beberapa akun Facebook dicurigai telah dikendalikan oleh buzzer dari I3 Ventures untuk mencemarkan nama baik Messi, Pique, dan pemain Barca lainnya, melalui kritik pedas yang tak berdasar.

Tapi, saat mengkritik Messi, Pique, dan lainnya, pasti ada kalimat yang mengangkat derajat Bartomeu, demi memperbaiki citranya di publik.

2. Indikasi korupsi besar-besaran dalam Barcagate

Apa Itu Barcagate? Konspirasi yang Berbahaya Buat Messien.as.com

Bukan cuma tudingan pencemaran nama baik, Barcagate juga dicurigai menjadi salah satu aksi korupsi besar-besaran. Ada kecurigaan atas aktivitas keuangan tak biasa di Barcelona.

Para penyidik menemukan pembayaran dengan angka tak masuk akal, mencapai enam kali lipat dari harga wajar terhadap agensi tersebut.

Temuan ini bisa mengarah pada tindak korupsi pencucian uang dan upaya memperkaya diri.

Auditor eksternal, PricewaterhouseCooper, sempat menguliti sistem keuangan Barcelona. Memang, ada kecurigaan dari PwC terkait aktivitas tak normal di sistem keuangan Blaugrana. Sayangnya, mereka tak menemukan bukti.

Hanya saja, pihak polisi bersama kejaksaan Spanyol memilih melanjutkan penyelidikan.

3. Bunuh pemain yang bertentangan dengan Bartomeu

Apa Itu Barcagate? Konspirasi yang Berbahaya Buat Messiskysports.com

Memang, Barcagate begitu merugikan bagi pemain Barcelona. Skandal ini dibuat demi mematikan karier para pemain Barcelona yang tak sejalan dengan Bartomeu.

Messi dan Pique kebetulan jadi garda terdepan bagi kelompok pemain yang jengah dengan kepemimpinan Bartomeu. Maka, tak heran kalau banyak berita negatif tentang keduanya menyeruak ke media.

Hal tersebut dicurigai hasil dari praktik Barcagate, menjatuhkan pemain, dan mengangkat derajat Bartomeu.

Pique sebenarnya sudah curiga dengan Bartomeu. Dia yakin, Bartomeu memang otak dari segala kegaduhan dalam skandal Barcagate.

Baca Juga: Eks Presiden Barcelona Bebas Usai Bayar Jaminan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya