Argentina Hampir Pasti Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Argentina satu-satunya kandidat

Jakarta, IDN Times - Argentina selangkah lagi menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Presiden FIFA, Gianni Infantino, dalam kunjungannya, Kamis (30/3/2023), mengakui kini Argentina hanya tinggal menunggu pengumuman secara resmi.

Ketika Indonesia terancam statusnya, Argentina mulai mengintai. Mereka memantau perkembangan yang terjadi di Indonesia dengan begitu detail hingga akhirnya mengajukan diri sebagai tuan rumah pengganti saat FIFA mengambil keputusan.

Baca Juga: Presiden FIFA Datang, Sinyal Argentina Tuan Rumah Piala Dunia U-20?

1. Argentina calon tunggal

Argentina Hampir Pasti Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023Para penggemar timnas Argentina berkumpul menyamnbut kedatangan Lionel Messi dan rekan-rekannya saat mereka tiba di luar Markas Besar Asosiasi Sepak Bola Argentina, Buenos Aires, Argentina, Selasa (20/12/2022). (ANTARA FOTO/Reuters-Matias Baglietto)

Infantino mengakui, cuma Argentina yang mengajukan diri sebagai tuan rumah pengganti. Pencalonan Argentina begitu meyakinkan, karena pemerintahnya juga turut memberikan dukungan dengan surat yang ditandatangani Menteri Ekonomi Sergio Massa, Menteri Olahraga dan Pariwisata Matias Lamens, dan gubernur host cities.

"Argentina jadi satu-satunya pihak yang secara formal mengajukan diri dan didukung pemerintah," ujar Infantino dilansir Doble Amarilla.

2. Keputusan dibuat dalam dua hingga tiga hari

Argentina Hampir Pasti Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023Markas besar FIFA di Zurich, Swiss (fifa.com)

Tapi, dalam kunjungannya, Infantino tak langsung menunjuk Argentina. Perlu ada penilaian terlebih dulu, meski dalam waktu lebih singkat, sebelum memberikan mandat ke Argentina untuk gantikan Indonesia.

"Dalam dua atau tiga hari ke depan, FIFA akan membuat keputusan," kata Infantino.

3. Timnas U-20 hampir pasti tak main

Argentina Hampir Pasti Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023Duel Timnas U-20 versus Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. (dok. PSSI)

Presiden AFA, Claudio "Ciqui" Tapia, akan menggelar pertemuan lanjutan dengan Infantino dalam Kongres CONMEBOL yang digelar di Paraguay. Tapia dan Infantino bakal berdiskusi terkait teknis penyelenggaraan Piala Dunia U-20.

Dengan fakta ini, hampir dipastikan Timnas Indonesia U-20 akan tersingkir dari Piala Dunia U-20. Jatah Timnas U-20 akan diambil Argentina jika sudah resmi ditunjuk jadi tuan rumah.

Baca Juga: Cara Luis Milla Obati Sakit Hati Pemain Persib di Timnas U-20

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya