Awas Video Hoax Chant Rasis di Laga Persib Vs Bali United

Suporter diminta tetap berpikir jernih

Jakarta, IDN Times - Belum lama kasus rasial yang dialami striker PSM Makassar, Patrich Wanggai, terjadi, Piala Menpora 2021 kembali dibuat heboh dengan adanya ujaran kebencian di media sosial. Sempat ada video hoax yang diunggah dan terdengar ujaran kebencian terhadap kelompok suporter tertentu di dalamnya.

Video itu sempat diunggah oleh akun @JakartaAwayVlog. Dalam video tersebut sayup-sayup terdengar chant menyindir kelompok suporter tertentu dalam duel Persib Bandung kontra Bali United di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (24/3/2021).

Baca Juga: Persib Tanpa Sang Kapten, Farshad Noor Masih Isolasi

1. Hoax, sang pengunggah minta maaf

Ternyata, video tersebut bohong alias hoax. @JakartaAwayVlog belakangan meminta maaf dan melakukan klarifikasi. Mereka mengaku mendapat video tersebut lewat twitter dan kemungkinan berasal dari siaran streaming ilegal.

Jakarta Away Vlog Klarifikasi dan meminta maaf kepada @indosiar dan Panpel Piala Menpora

Admin JAV mendapatkan video tersebut dari Twitter dan kemungkinan sumber video menonton dari siaran Streaming Ilegal. Agar tidak dapat diretas mengganti backsound dari pelaku streaming ilegal tersebut.

Siapakah pelaku streaming pembuat video streaming ilegal tersebut ? Ini jadi PR pihak @indosiar untuk melacak pelakunya

Sekali lagi admin JAV memohon maaf

Terima kasih

2. Indosiar minta suporter tak terpancing

Kubu Indosiar, selaku official broadcaster Piala Menpora, akhirnya buka suara. Mereka menegaskan tak menyematkan chant bernada ujaran kebencian dalam pertandingan Persib versus Bali United.

Pihak Indosiar memastikan video yang sempat beredar di media sosial adalah hoax.

KLARIFIKASI!

Hati-hati beredar video HOAX pertandingan #PialaMenpora antara @persib melawan @baliunitedfc yang memprovokasi suporter Indonesia.

Cek dulu yaa video aslinya berikut ini dan jangan sampai terpengaruh yaa dan STOP HOAX ya.

Kalau ga percaya cek aja pertandingan lengkapnya di @vidiodotcom

3. PSSI ikut buka suara

Awas Video Hoax Chant Rasis di Laga Persib Vs Bali UnitedPersib vs Bali United. (Website/ligaindonesiabaru.com)

PSSI juga buka suara soal insiden ini. Lewat Kepala Divisi Pembinaan Suporter, Budiman Dalimunthe, dalam broadcast message yang diterima IDN Times, seluruh suporter diminta untuk tetap berpikir jernih.

Budiman juga mengirimkan video master serta yang sudah disunting dengan suara suporter dari pertandingan tersebut. Tak terdengar sedikit pun adanya chants suporter yang menebar kebencian.

4. Baru saja dihebohkan kasus rasial ke Patrich Wanggai

Awas Video Hoax Chant Rasis di Laga Persib Vs Bali UnitedRekrutan baru PSM Makassar, Patrich Wanggai, saat berlatih bersama pemain lain di Bosowa Sport Center, Rabu 10 Maret 2021. (Instagram.com/psm_makassar)

Piala Menpora sebenarnya baru saja dihebohkan dengan kasus rasial yang dialami Patrich. Usai jadi pahlawan kemenangan PSM atas Persija Jakarta, Patrich menerima perlakuan yang tak enak.

Oknum suporter itu akhirnya diserang balik oleh warganet. Dia juga meminta maaf di depan umum lewat video yang diunggah dalam akun instagramnya.

Baca Juga: [BREAKING] Gol di Masa Kritis Selamatkan Persib dari Kekalahan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya