Belanda Ancam Mundur di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020

Belanda mau UEFA melindungi pemain di Budapest

Jakarta, IDN Times - Rasisme dan homophobia jadi isu paling panas di luar pertandingan Piala Eropa 2020. Setelah kasus warna pelangi diperdebatkan, sejumlah kasus rasisme muncul di sederet pertandingan.

Insiden ini ramai terjadi di Ferenc Puskas Arena, Budapest. Tim-tim yang tampil di sana, kerap menerima serangan rasial atau bernada homophobia.

1. Jadi sorotan Belanda

Belanda Ancam Mundur di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020potret Georginio Wijnaldum bersama Timnas Belanda(aazkanews.com)

Fenomena ini disorot oleh Belanda. Mereka khawatir mendapat serangan rasial atau bernada homophobia saat main di Puskas Arena melawan Republik Ceko, Minggu (28/6/2021).

Maka dari itu, kapten Belanda, Georginio Wijnaldum, meminta kepada UEFA untuk bertindak tegas. Dia berharap UEFA bisa melindungi para pemain dari serangan-serangan tersebut.

"UEFA harus hadir dan mengambil keputusan tegas. Tak bergantung pada pemain saja. Kami sering dapat hukuman demi melindungi diri, jadi UEFA harus bertindak tegas untuk kasus ini," tegas Wijnaldum dilansir Omni Sport.

Baca Juga: Belanda Pastikan Pakai Ban Kapten Pelangi di Piala Eropa

2. Satukan suara

Belanda Ancam Mundur di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020Belanda berhasil meraih kemenangan atas Makedonia Utara dalam laga terakhirnya di Grup C Piala Eropa 2020. (Twitter/@EURO2020).

Andai nantinya ada serangan rasial dan semacamnya, Belanda tak ragu buat keluar lapangan dan mundur dari pertandingan Piala Eropa 2020.

"Saya berpikiran, mau keluar lapangan. Tapi, tak mungkin juga sekarang karena lawan bisa saja diuntungkan, membiarkan serangan rasis terjadi. Saya akan bicara dengan pemain lain terlebih dulu soal rencana ini," terang Wijnaldum.

3. Ronaldo dan Mbappe sudah jadi korban

Belanda Ancam Mundur di Babak 16 Besar Piala Eropa 20203 Fakta di balik hasil imbang Prancis vs Hungaria. (football365.com).

UEFA sedang menginvestigasi soal kasus rasisme yang dialami pemain Prancis, Kylian Mbappe, kala berlaga di Budapest.

Mereka juga menelusuri tentang adanya serangan homophobia terhadap Cristiano Ronaldo ketika main di stadion yang sama.

Bukti-bukti terkait hal tersebut sebenarnya sudah dikantongi. Termasuk, adanya foto spanduk yang dibentangkan fans di Budapest menyerang secara rasial atau bernada homophobia.

Baca Juga: Pembelaan UEFA Soal Kontroversi Warna Pelangi di Piala Eropa

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya