Comscore Tracker

Bola Spesial Final Liga Champions, Intip Faktanya 

Bola tak bisa dibawa pulang meski pemain hattrick

Jakarta, IDN Times - Final Liga Champions antara Real Madrid kontra Liverpool yang digelar di Stade de France, Sabtu (28/5/2022), akan menggunakan bola khusus yang dikeluarkan Adidas. Bola ini memiliki desain berbeda dan dipastikan tak dijual ke pasaran.

Bola tersebut memiliki warna dasar putih dengan dihiasi pola bintang dan berkelir perak. Komposisi bola ini sebenarnya sama dengan yang dipakai di pertandingan-pertandingan lain Liga Champions, hanya dari segi desain saja berbeda.

1. Ada pesan perdamaian dalam bolanya

Dalam bola itu akan ada tulisan "мир" yang berarti damai. Ini memang bola yang dikeluarkan untuk kampanye menghentikan perang antara Rusia versus Ukraina.

Makanya, bola ini diharapkan bisa membawa pengaruh dalam menghentikan perang antara kedua negara.

"Kata 'мир' aksara Kiril dalam bahasa Slavia berarti damai. Bola ini didesain untuk membawa pesan perdamaian, yang dioper dari pemain ke pemain di Stade de France. Maknanya adalah, perdamaian ditularkan kepada semua orang, simbol dari ketulusan dan persatuan," begitu pernyataan resmi Adidas.

Baca Juga: Liverpool Krisis Gelandang Jelang Final Liga Champions, Thiago Tumbang

2. Bakal dilelang untuk pengungsi perang

Bola Spesial Final Liga Champions, Intip Faktanya Dampak kerusakan serangan Rusia di Luhansk (twitter.com/SESU_UA)

Bola ini dipastikan akan dilelang untuk kegiatan amal. Adidas bersama UEFA akan UNHCR dan UN Refugee Agency, akan bertindak pada lelang ini.

Hasil lelang akan disalurkan untuk membantu para pengungsi perang, diharapkan bisa membangun kembali rumah mereka yang rusak.

3. Pemain tak bisa bawa pulang bolanya

Bola Spesial Final Liga Champions, Intip Faktanya Roberto Firmino, Ibrahima Konate, dan Joel Matip lakukan selebrasi usai membobol gawang Benfica di Liga Champions pada 14 April 2022. (twitter.com/LFC)

Karena bola ini akan dilelang, maka pemain yang berlaga di final tak bisa mendapatkannya. Meski mereka mencetak hattrick, bola ini tetap tak boleh dibawa.

Nantinya, UEFA akan memberikan bola pengganti kepada pencetak hattrick. Semua ditujukan demi misi mulia tersebut.

Baca Juga: Real Madrid Dapat Angin Segar Jelang Final Liga Champions

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya