Comscore Tracker

[BREAKING] Bantai Slovakia, Spanyol Melaju ke Fase Gugur Piala Eropa 2020

Spanyol ganas di partai pamungkas penyisihan Grup E

Jakarta, IDN Times - Spanyol tampil ganas di laga pamungkas penyisihan Grup E Piala Eropa 2020. Bermain di Estadio de La Cartuja, Sevilla, Rabu (23/6/2021), Spanyol membantai Slovakia, lima gol tanpa balas.

Sejatinya, Spanyol sempat main di bawah tekanan di awal pertandingan. Bahkan, penalti Alvaro Morata sempat ditepis oleh kiper Slovakia, Martin Dubravka, di menit 12.

Kegagalan itu terlihat sempat membuat para pemain Spanyol sedikit khawatir. Namun, situasi berubah saat laga berusia setengah jam.

Dubravka yang awalnya jadi pahlawan Slovakia, mendadak melakukan blunder konyol. Sepakan Pablo Sarabia sempat membentur mistar gawang Slovakia.

Arah bola jadi tak menentu dan Dubravka berniat meninjunya agar keluar dari lapangan. Tapi, bola hasil tinju Dubravka malah mengarah ke gawang sendiri, membuat Spanyol unggul 1-0.

Gol ini bikin Slovakia goyah. Mereka terlihat terganggu dengan blunder Dubravka.

Benar saja, di masa injury time babak pertama, Spanyol mencetak gol keduanya. Tandukan Aymeric Laporte berhasil menutup paruh kedua untuk keunggulan Spanyol dengan skor 2-0.

La Furia Roja tak mengendurkan serangan di babak kedua. Mereka malah makin beringas dan mencari gol tambahan.

Menit 56, Sarabia akhirnya mencetak gol ketiga Spanyol usai meneruskan umpan mendatar dari Jordi Alba lewat tembakan first time yang dilepaskannya.

Unggul tiga gol, pelatih Luis Enrique membuat perubahan di skuad Spanyol. Dia memasukkan Ferran Torres, menggantikan Morata yang tak bisa cetak gol.

Pergantian yang efektif. Karena baru beberapa detik di lapangan, Torres mengonversikan sentuhan pertamanya jadi gol pada menit 67.

Berselang empat menit setelah gol Torres, Spanyol kembali melakukan pergantian. Kali ini, Thiago Alcantara dan Pau Torres masuk menggantikan Sergio Busquets serta Eric Garcia.

Baru beberapa detik masuk, Pau berkontribusi atas gol keempat Spanyol. Tandukannya salah diantisipasi Juraj Kucka dan memaksanya cetak gol bunuh diri. Spanyol unggul 5-0.

Dalam kondisi ini, Spanyol main lebih santai. Mereka malah sering mengancam gawang Slovakia dengan berbagai kombinasi yang dibangun. Sayang, tak ada gol lagi yang tercipta dan Spanyol menang, 5-0.

Dengan kemenangan ini, Spanyol berhasil lolos ke babak 16 besar sebagai runner up Grup E. Sebab, di pertandingan lain, Swedia mampu menang lewat drama lima gol atas Polandia.

Sedangkan, Slovakia gagal lolos ke fase gugur. Mereka tak mampu bersaing di peringkat tiga terbaik lantaran selisih gol buruk usai dibantai Spanyol

Baca Juga: Jelang Partai Krusial, Spanyol Diganggu Mulut Pedas Eks Real Madrid

Topic:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya