Bus Persis Solo Diserang, Gibran Colek Kapolri dan Erick Thohir

Gibran meminta agar polisi dan PSSI bertindak

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, bereaksi atas insiden penyerangan bus Persis Solo usai duel melawan Persita Tangerang di Indomilk Arena, Sabtu (28/1/2023). Gibran sampai mencolek Kapolri Jenderal Listyo Sigit dan calon Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Lewat cuitan di akun twitternya, @gibran_tweet, dia menyatakan kalau pelemparan bus pemain bisa saja terus terjadi. Sebab, tak ada ketegasan dan kepastian hukum terhadap pelaku kerusuhan di Kanjuruhan.

"Mohon izin pak kapolri @ListyoSigitP. Mohon maaf jika saya lancang dan tidak sopan. Kejadian pelemparan terhadap bus pemain @persisofficial akan terus terjadi. Ini merupakan rangkaian dari tidak adanya tindakan tegas terhadap pelaku kerusuhan di Kanjuruhan," begitu cuitan Gibran.

1. Colek Kapolri dan Erick Thohir

Kemudian, Gibran juga menyatakan hukum harus ditegakkan agar memberikan efek jera kepada para pelaku kerusuhan. Dia juga meminta kepada PSSI di masa kepemimpinan selanjutnya, dan mencolek Erick, agar bisa menindak suporter dengan tegas.

"Kalau di Malang tidak dihukum, maka yang lain tidak akan takut berbuat serupa. Dan ini akan terus terjadi selama tidak ada ketegasan terhadap suporter. Saya berharap banyak kepada pak @erickthohir. Ini PR besar untuk jenengan (Anda)," cuit Gibran.

Dia juga meminta kepada pihak-pihak terkait agar cuitannya itu ditanggapi serius. Sebab, jika dibiarkan akan terjadi hal yang tak diinginkan di waktu lain. 

Baca Juga: Bus Persis Solo Diserang, Satu Orang Terluka

2. Satu orang ofisial luka-luka

Memang, apa yang menimpa Persis begitu menyeramkan. Pada pukul 18.17 WIB, sesuai dengan kronologi yang diungkapkan oleh manajemen Persis, sekelompok orang sudah menunggu bus mereka ketika hendak masuk ke tol.

Tiba-tiba, dalam tayangan video yang diunggah pemain Persis, Gavin Kwan Adsit, mereka melempari bus Persis dengan batu dan benda keras lainnya.

"Akibat insiden tersebut, kaca bus pecah karena lemparan batu dan satu orang ofisial klub mengalami luka ringan," begitu pernyataan resmi Persis.

3. Pelaku sudah ditangkap

Bus Persis Solo Diserang, Gibran Colek Kapolri dan Erick ThohirPelaku penyerangan bus Persis Solo (Instagram @a.rully.z)

Tak lama berselang, para pelaku penyerangan sudah ditangkap. Presiden Persita, Rully Zulfikar, mengunggah langsung foto para pelaku penyerangan bus Persis.

"Oh ini yang pada jadi jagoannya? Ayo teman-temannya siap-siap diangkut dan diproses ya," begitu caption Rully dalam unggahannya.

Baca Juga: Pelaku Penyerangan Bus Persis Solo Sudah Ditangkap

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya