Copa America 2024 Digelar di Amerika Serikat

Amerika Serikat bisa uji kemapanan jelang Piala Dunia 2026

Jakarta, IDN Times - Copa America edisi 2024 dipastikan digelar di Amerika Serikat. Ini adalah kali pertama Copa America kembali ke Amerika Serikat setelah pada edisi 2016 lalu, alias Centenario, digelar di sana.

Dengan begitu, Amerika Serikat sudah dua kali menjadi tuan rumah Copa America. Penunjukkan Negeri Paman Sam sebagai tuan rumah pada tahun depan, juga menjadi bukti dari kolaborasi positif antara CONCACAF dan CONMEBOL.

"Copa America 2024 akan digelar di Amerika Serikat pada musim panas. Ajang ini melibatkan pula 10 tim dari CONMEBOL dan enam yang terbaik dari CONCACAF sebagai tamunya. Turnamen tradisional CONMEBOL ini akan digelar dengan bentuk kemitraan oleh dua Konfederasi," begitu pernyataan resmi CONMEBOL di situsnya.

Baca Juga: Lionel Messi Dedikasikan Trofi Copa America untuk Maradona

1. CONCACAF harus gelar kualifikasi

Copa America 2024 Digelar di Amerika SerikatTimnas Amerika Serikat juara CONCACAF Nations League. (twitter.com/USMNT)

Formula kualifikasi untuk tim CONCACAF akan berlandaskan pada hasil dari Nations League. Sebanyak enam tim terbaik dari CONCACAF Nations League yang berhak melaju ke putaran final Copa America 2024 mendatang.

Hal itu demi melengkapi 10 anggota CONMEBOL yang sudah dipastikan berpartisipasi, seperti biasanya.

2. Uji kemapanan Amerika Serikat

Copa America 2024 Digelar di Amerika SerikatSergino Dest dan Raheem Sterling dalam pertandingan Timnas Inggris vs Timnas Amerika Serikat di Piala Dunia 2022 (twitter.com/FIFAWorldCup)

Momen menggelar Copa America pada tahun depan tentu menjadi ujian perdana buat Amerika Serikat dalam menyambut Piala Dunia 2026 mendatang. Dengan ini, mereka bisa mengevaluasi dan mengembangkan manajemen event jelang Piala Dunia 2026 nanti.

Selain itu, dari segi sportif, Amerika Serikat bisa menguji kekuatan timnya untuk bersaing dengan negara-negara tradisional sepak bola Amerika Latin seperti Argentina, Brasil, Uruguay, hingga Kolombia.

Baca Juga: Club America, Tim Sukses dengan Haters Terbanyak di Meksiko

3. Sejarah lainnya dalam penunjukkan Amerika Serikat

Copa America 2024 Digelar di Amerika SerikatJohn Stones dan Haji Wright dalam pertandingan Timnas Inggris vs Timnas Amerika Serikat di Piala Dunia 2022. (twitter.com/FIFAWorldCup)

Sebenarnya, penunjukkan Amerika Serikat juga dibarengi dengan sejarah lain. CONMEBOL dan CONCACAF sepakat buat menciptakan format baru dalam kompetisi Liga Champions CONCACAF.

Nantinya, ada skema final four tersentralisasi yang akan melibatkan empat tim, dua dari CONCACAF dan CONMEBOL, untuk beradu kuat. Pada 2024, format ini akan dijalankan secara resmi.

"Kedua konfederasi menantikan kompetisi edisi pertama ini pada 2024 mendatang," lanjut pernyataan resmi CONMEBOL.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya