COVID-19 Gemparkan Timnas Spanyol Jelang Piala Eropa 2020

Satu pemain Spanyol dinyatakan positif COVID-19

Jakarta, IDN Times - Timnas Spanyol dibuat gempar jelang Piala Eropa 2020. COVID-19 mengancam skuad La Furia Roja, setelah ditemukan satu kasus positif.

Adalah gelandang senior Spanyol, Sergio Busquets, yang dipastikan positif COVID-19. Busquets diketahui positif COVID-19 menyusul hasil tes yang digelar Minggu 6 Juni 2021 lalu, menyisakan tanda tanya terkait bagaimana kondisi sebenarnya Spanyol terkini.

1. Satu tim langsung diisolasi

COVID-19 Gemparkan Timnas Spanyol Jelang Piala Eropa 2020Fifa..com

Dilansir Daily Mirror, saat ini seluruh skuad Spanyol harus menjalani masa isolasi. Akibatnya, duel melawan Lithuania pada Rabu (9/6/2021) harus dimainkan oleh tim Spanyol U-21.

Kemungkinan, Spanyol U-21 yang main akan sama dengan susunan ketika menghadapi Portugal dalam Piala Eropa U-21 pekan lalu.

Baca Juga: 4 Pemain Spanyol yang Bisa Meledak di Piala Eropa 2020

2. Lakukan penelusuran

COVID-19 Gemparkan Timnas Spanyol Jelang Piala Eropa 2020football.london

Langkah pertama dari Spanyol adalah melakukan pelacakan siapa pemain atau elemen tim lainnya yang paling sering berkontak dengan Busquets.

Namun, situasi pastinya rumit karena selama ini pemusatan latihan Spanyol sudah melakukan sistem bubble. Artinya, hampir semua pemain dan staf Spanyol berkontak dengan Busquets.

3. Sudah siapkan lima pengganti

COVID-19 Gemparkan Timnas Spanyol Jelang Piala Eropa 2020elcomercio.es

Federasi Sepak bola Spanyol, RFEF, mengambil langkah antisipasi jika nantinya ada pemain lain yang positif COVID-19. Meski hasil tes susulan menyatakan pemain dan staf lainnya negatif COVID-19, tetap harus ada pemain yang masuk sebagai pengganti.

Sebanyak lima pemain sudah dipanggil oleh pelatih Spanyol, Luis Enrique, untuk ikut dalam pemusatan latihan di Leganes dengan sistem bubble paralel. Mereka adalah Raul Albiol, Rodrigo Moreno, Pablo Fornals, Carlos Soler, dan Brais Mendez.

"Sebagai antisipasi, kami memanggil pemain lainnya. Mereka berlatih di waktu berbeda dan tak dicampur dengan pemain yang sudah dipanggil sebelumnya. Mereka ada di luar lingkaran bubble sampai melewati tes harian," terang RFEF.

Baca Juga: Timnas Spanyol yang Pernah Jadi Raja Eropa dan Dunia

Topik:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya