COVID-19 Paksa Format Piala AFF 2020 Berubah

AFF terpaksa harus melakukan penyesuaian terkait pandemik

Jakarta, IDN Times - Format Piala AFF 2020 dipastikan berubah menyusul pandemik COVID-19 yang masih menggila di Asia Tenggara. Sub konfederasi sepak bola Asia Tenggara, AFF, menyatakan bakal menggunakan kembali sistem home tournament dengan skema joint host.

AFF merencanakan untuk menunjuk dua venue dalam menggelar pertandingan dua grup berbeda. Kemungkinan, venue tersebut bersifat netral.

Sistem bubble juga akan dipakai buat Piala AFF 2020, demi meminimalisir potensi terjadinya penularan COVID-19. Jadi para pemain dan ofisial dilarang untuk berkontak langsung dengan pihak-pihak luar, khususnya warga sekitar.

1. Benar-benar hapus sistem kandang-tandang

COVID-19 Paksa Format Piala AFF 2020 Berubahfacebook.com/affsuzukicup

Sistem kandang-tandang benar-benar tak digunakan di Piala AFF 2020, yang rencananya digelar pada 5 Desember 2020 hingga 1 Januari 2022 mendatang.

Kalau biasanya semifinal dan final pakai sistem kandang-tandang, AFF kali ini hanya menerapkan single match untuk kedua fase tersebut. Namun, terkait lokasi semifinal dan final, akan ditetapkan secepat mungkin.

Baca Juga: Piala AFF 2020 Ditunda Lagi, PSSI Pasrah

2. Undian digelar bulan depan

COVID-19 Paksa Format Piala AFF 2020 Berubah(Piala AFF 2018, Timnas Indonesia Vs Timor Leste) ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Sementara itu, AFF juga sudah menjadwalkan untuk proses undian. Pada 10 Agustus 2021, undian untuk Piala AFF 2020 akan digelar.

"Kami harus bersiap diri menghadapi efek dari pandemik COVID-19. Perubahan kemungkinan akan terjadi dan seluruh tim harus siap bermain di venue netral, karena kesehatan pemain jadi prioritas utama kami," kata Presiden AFF, Sameth Khiev, dilansir Suckhoedoisong.

3. Pot sudah dibagi

COVID-19 Paksa Format Piala AFF 2020 BerubahANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Undian Piala AFF digelar dengan sistem pot. AFF sudah membagi para peserta ke dalam dua pot yang ada.

Pot 1 diisi oleh juara dari dua edisi sebelumnya, Vietnam dan Thailand. Sementara, semifinalis dari dua edisi sebelumnya, Malaysia dan Indonesia, menempati pot 2.

Lalu, pot tiga berisikan Filipina dan Myanmar. Lalu, pot empat diisi Kamboja serta Singapura dan yang terakhir dijejali oleh Laos bersama Timor Leste atau Brunei Darussalam yang harus bersaing lewat playoff.

Baca Juga: Menanti Kejelasan Nasib Piala AFF 2020

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya