Comscore Tracker

Daftar 24 Peserta Piala Asia 2023, Ada Timnas Indonesia

Formasi Piala Asia 2023 sudah lengkap

Jakarta, IDN Times - Kualifikasi Piala Asia 2023 sudah selesai digelar. Sebanyak 24 tim akan bersaing di pesta sepak bola terbesar se-Asia tersebut.

Timnas Indonesia pada akhirnya bisa lolos ke putaran final usai menang besar atas Nepal dengan skor 7-0 di Jaber Al Ahmed International Stadium, Rabu dini hari WIB (15/6/2022). Ini menjadi akhir dari penantian panjang Indonesia untuk mentas lagi di Piala Asia setelah absen selama 15 tahun.

Baca Juga: Timnas Indonesia Akhirnya ke Piala Asia Usai Penantian Panjang

1. Ada empat tim Asia Tenggara di putaran final Piala Asia

Daftar 24 Peserta Piala Asia 2023, Ada Timnas IndonesiaSelebrasi para pemain Timnas Indonesia usai jebol gawang Nepal dan lolos ke Piala Asia 2023 (dok. PSSI)

Indonesia lolos ke putaran final setelah berhasil menjadi runner up Grup A di putaran ketiga kualifikasi. Pasukan Garuda berhasil merebut posisi kedua runner up terbaik.

Mereka mengumpulkan enam poin, sama dengan Malaysia, Thailand, dan Hong Kong. Namun, selisih gol Indonesia lebih baik. Ada pun Kyrgyzstan menjadi penguasa ranking runner up terbaik dengan koleksi tujuh poin.

Dengan begitu, ada empat tim Asia Tenggara yang lolos ke putaran final Piala Asia, yakni Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Thailand. Khusus buat Vietnam, kelolosannya sudah dipastikan lebih dini karena jadi runner up Grup G pada kualifikasi putaran kedua.

2. Indonesia bisa masuk grup berat

Daftar 24 Peserta Piala Asia 2023, Ada Timnas IndonesiaSelebrasi para pemain Timnas Indonesia usai jebol gawang Nepal dan lolos ke Piala Asia 2023 (dok. PSSI)

Indonesia pastinya akan mendapat undian berat di putaran final. Bukan tanpa alasan, karena kemungkinan Indonesia masuk ke pot non-unggulan.

Bisa jadi, Indonesia bakal ketemu negara-negara kuat seperti Jepang, Suriah, Qatar, Korea Selatan, Australia, atau Iran.

3. Daftar lengkap peserta Piala Asia 2023

Berikut daftar peserta Piala Asia 2023:

Lolos putaran kedua: Jepang, Suriah, Qatar, Korea Selatan, Australia, Iran, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, China, Irak, Oman, Vietnam, Lebanon.

Lolos putaran ketiga: Yordania, Indonesia, Palestina, Uzbekistan, Thailand, India, Hong Kong, Bahrain, Malaysia, Tajikistan, Kyrgizstan.

Baca Juga: [BREAKING] Bantai Nepal, Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya