Dagelan Copa America: Tarik Ulur Brasil Jadi Tuan Rumah Pengganti

Brasil jadi tuan rumah, padahal episentrum COVID-19 pula

Jakarta, IDN Times - Nasib Copa America 2021 makin tak jelas. Setelah Argentina dicoret, Brasil diisukan jadi tuan rumah pengganti, namun kabar ini masih simpang siur.

Konfederasi Sepak bola Amerika Selatan (CONMEBOL) sempat mengumumkan penunjukkan Brasil sebagai tuan rumah Copa America di akun twitternya. CONMEBOL mengaku sudah mendapat restu dari Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, yang sudah membuka pintu untuk menggelar turnamen itu.

"CONMEBOL 2021 Copa America akan digelar di Brasil! Tanggal awal dan akhir turnamen telah terkonfirmasi. Venue serta jadwal akan diumumkan CONMEBOL dalam beberapa jam ke depan. Turnamen tertua di dunia ini akan mengguncang benua Amerika!" begitu pernyataan resmi CONMEBOL.

1. Picu kontroversi

Dagelan Copa America: Tarik Ulur Brasil Jadi Tuan Rumah PenggantiPresiden Brasil, Jair Bolsonaro, sedang berpidato di sebuah pertemuan pada Desember 2020. (Facebook.com/Jair Messias Bolsonaro)

Namun, belakangan ada kabar, pemerintah Brasil belum menyetujui penyelenggaraan Copa America. Sejumlah gubernur di Brasil merasa tak menyetujui digelarnya Copa America di wilayahnya.

Sebab, kasus COVID-19 di Brasil memang masih menggila. Dikhawatirkan, kasus COVID-19 meningkat lagi karena Brasil membuka pintu untuk menggelar Copa America.

"Kami menerima banyak kritik dari sejumlah gubernur daan pihak lain karena mengumumkan ini. Semua masih belum terkonfirmasi. Saya mau menegaskannya. Kami sampai sekaang masih dalam proses, belum dalam posisi menerima tawaran," kata Kepala Staf Presiden Brasil, Luiz Eduardo Ramos, dikutip Goal.

Baca Juga: Pandemik COVID-19 di Argentina Ancam Nasib Copa America

2. Cuma pindah dari satu episentrum COVID-19 ke lainnya

Dagelan Copa America: Tarik Ulur Brasil Jadi Tuan Rumah Pengganticopaamerica.com

Memang sebenarnya agak aneh kalau melihat keputusan CONMEBOL yang mencoret Argentina atas alasan angka penyebaran COVID-19 yang menggila di sana. Jika bicara kasus COVID-19, Brasil sebenarnya merupakan episentrum pula.

Per Selasa (1/5/2021) data dari World O Meters menunjukkan, Brasil masih menjadi negara ketiga di dunia yang paling banyak kasus COVID-19. Kasus baru di Brasil dari data yang diterima per hari ini, mencapai 32.554, terbanyak kedua setelah India.

Baru setelahnya, Argentina dengan kasus tambahan 28.175. Artinya, CONMEBOL cuma memindahkan turnamen dari satu episentrum COVID-19 ke lainnya.

"Pandemik meluas. Saat ini, Brasil jadi salah satu negara paling parah kasus COVID-19. Kami belakangan tahu, Brasil mau jadi tuan rumah. Sebuah sinisme terkait apa yang terjadi sekarang, benar-benar tak bisa dipercaya," ujar salah satu politisi Brasil, Luiz Henrique Mandetta, yang pernah bekerja sebagai Deputi Kementerian Kesehatan.

3. Terancam nasibnya

Dagelan Copa America: Tarik Ulur Brasil Jadi Tuan Rumah Penggantiinstagram.com/copa_america2020

Dengan kondisi ini, nasib Copa America kian tak jelas. Kurang dari dua pekan, belum ada tuan rumah definitif yang ditunjuk.

Bisa jadi, Copa America tahun ini kembali ditunda penyelenggaraannya karena kondisi yang tak pasti.

Baca Juga: Situasi Memanas, Kolombia Gagal Jadi Tuan Rumah Copa America 2021

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya