Comscore Tracker

Dibuang Mourinho, Kini Luke Shaw Hampir Samai Rekor Beckham

Jose Mourinho pasti menyesal lihat Luke Shaw

Jakarta, IDN Times - Performa Luke Shaw berubah drastis di Piala Eropa 2020. Sepanjang turnamen, Shaw tampil gemilang dan mulai menunjukkan taringnya sebagai salah satu bek terbaik di daratan Inggris.

Shaw kini tak cuma menunjukkan kuat dalam bertahan. Dengan skema manajer Gareth Southgate, Shaw punya kontribusi besar pula saat Inggris membangun serangan.

Buktinya kala Shaw tampil di dua laga terakhir Inggris, melawan Jerman dan Ukraina. Dalam dua pertandingan itu, Shaw menjadi salah satu aktor kemenangan Inggris, seperti apa perannya?

Baca Juga: Aksi Gemilang Luke Shaw Bareng Inggris Bungkam Mourinho

1. Kreatif dan akurat

Dibuang Mourinho, Kini Luke Shaw Hampir Samai Rekor Beckhamtwitter.com/EURO2020

Menghadapi Jerman, Shaw memberikan assist lewat umpan silang mendatar kepada Raheem Sterling. Itu merupakan assist pertamanya di Piala Eropa 2020.

Lalu, saat melawan Ukraina, Shaw menciptakan dua assist, untuk gol Harry Maguire dan Harry Kane.

Dengan demikian, Shaw kini sudah mencetak tiga assist hanya dalam dua laga di Piala Eropa 2020.

2. Bisa samai rekor Beckham

Dibuang Mourinho, Kini Luke Shaw Hampir Samai Rekor BeckhamLuke Shaw. (forbes.com)

Catatan itu, dilansir Daily Mirror, membuat Shaw kini menempel rekor eks kapten Inggris, David Beckham. Sejauh ini, Beckham masih jadi pemegang rekor assist terbanyak buat Inggris di Piala Eropa.

Beckham menciptakan lima assist dalam dua gelaran Piala Eropa, 2000 dan 2004. Shaw cuma terpaut dua angka lagi untuk menyamai rekor Beckham dan bukan tak mungkin menciptakannya hanya dalam satu edisi saja, mengingat Inggris masih bisa main di dua laga, termasuk final.

3. Bungkam ocehan Mourinho

Dibuang Mourinho, Kini Luke Shaw Hampir Samai Rekor Beckhamthesun.co.uk

Pencapaian ini tentu menjadi bukti kalau Shaw benar-benar sudah bangkit. Pria 25 tahun itu sebelumnya sempat mengalami masa suram.

Yakni, ketika Shaw dibuang oleh mantan manajernya di Manchester United, Jose Mourinho. Bahkan, Mourinho sempat meledek Shaw sebagai penendang sepak pojok terburuk di Piala Eropa 2020.

Namun, ucapan Mourinho dibalas dengan telak oleh Shaw. Gol Maguire berasal dari umpan sepak pojok yang diberikannya.

"Aneh, dia bicara terus mengenai saya. Jelas kalau saya ini ada di kepalanya. Buat saya, masa lalu sudah dijadikan pelajaran. Saya sudah belajar dan melangkah. Tapi, dia tampaknya tak bisa melupakan saya," sindir Shaw.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Inggris Lucuti Ukraina di Perempat Final Piala Eropa 2020

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya