Comscore Tracker

Ed Woodward Mundur dari MU saat Kisruh European Super League 

Mundurnya Ed Woodward dari MU tuai beragam reaksi

Jakarta, IDN Times - Kabar mengejutkan datang dari Manchester United. Vice Chairman MU, Ed Woodward, meletakkan jabatannya efektif per akhir muism 2020/21 mendatang.

Penyebab Woodward mundur masih jadi misteri. Sebab, Woodward mundur saat kisruh European Super League meledak di Benua Biru.

Hanya saja, Woodward tak mau mengungkapnya lebih lanjut. Dia hanya menyatakan kebanggaannya bisa melayani klub sebesar MU selama 16 tahun terakhir.

"Saya begitu bangga bisa melayani Manchester United dan menjadi sebuah kehormatan bisa bekerja di klub sebesar ini selama 16 tahun terakhir. Klub berada dalam posisi bagus di masa depan. Sangat berat rasanya, mundur di akhir musim," ujar Woodward dilansir BBC Sports.

Baca Juga: Kekuatan Fans Paksa The Big 6 Mundur dari European Super League

1. Tak terkait European Super League

Ed Woodward Mundur dari MU saat Kisruh European Super League standard.co.uk

Mundurnya Woodward, dilansir ESPN, disebutkan sumber dalam klub, tak terkait dengan kisruh European Super League. Hanya saja, kasus ini seperti katalis proses mundurnya Woodward.

Memang sempat ada dugaan yang muncul Woodward berselisih dengan keluarga Glazer, selaku pemilik MU, tentang European Super League.

Sebab, ketika MU bersama 11 klub pendiri lain mengumumkan soal European Super League, Woodward mundur pula dari jabatan sebagai Dewan Strategis Profesional UEFA.

Publik makin curiga karena pada Jumat 16 April 2021 lalu, Woodward sempat hadir dalam rapat khusus dewan tersebut demi mengubah format Liga Champions agar lebih menghibur dan menguntungkan klub. Masukannya begitu signifikan dan bakal dituangkan UEFA dalam kongres.

Namun, keluarga Glazer memastikan, hubungan dengan Woodward baik-baik saja. "Kami berterima kasih kepada Ed Woodward atas kerja keras dan prestasinya selama di klub," kata Co-Chairman MU, Joel Glazer.

2. Diasingkan di Premier League

Ed Woodward Mundur dari MU saat Kisruh European Super League CEO Manchester United, Ed Woodward. Eurosport.com

Woodward sempat diasingkan oleh para petinggi klub lain. Itu terjadi ketika 14 klub di luar anggota The Big Six menggelar rapat darurat terkait European Super League.

Memang, rapat tersebut bersifat tertutup untuk anggota The Big Six Premier League. Sebab, perwakilan dari 14 klub itu sepakat tak mau menerima mereka.

Mundurnya Woodward ditanggapi dengan berbagai respons. Mayoritas fans MU bersorak karena Woodward mundur.

3. Musuh publik Old Trafford

Ed Woodward Mundur dari MU saat Kisruh European Super League Sekelompok fans Manchester United melempar flare ke dalam rumah Ed Woodward. Twitter/@football_tweet

Ya, Woodward memang jadi salah satu musuh publik Old Trafford. Eks investor JP Morgan tersebut dianggap sebagai penyakit karena membuat performa MU anjlok dalam beberapa musim terakhir.

Berbagai keputusan Woodward dalam urusan transfer sering berujung blunder. Alhasil, Woodward jadi sasaran amuk fans. Rumahnya sempat diserbu fans dan dilempar petasan.

Baca Juga: Mundur dari European Super League, Guardiola Sempat Serang ManCity

Salah satu legenda MU, Gary Neville, merespons mundurnya Woodward dengan cara yang cukup sarkas. Dalam cuitannya, Neville menempatkan emoji lambaian tangan yang penuh makna.

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya