El Pichichi 2020/21 Jadikan Messi yang Terganas di Dunia

Lionel Messi membuktikan diri jadi elemen terpenting tim

Jakarta, IDN Times - Barcelona tanpa Lionel Messi bukan apa-apa. Gelar El Pichichi alias top scorer LaLiga musim ini, jadi bukti kalau Messi memang jadi aktor paling penting buat Barcelona musim ini.

Messi cetak 30 gol di LaLiga sepanjang musim ini. Jumlah itu, nyaris setengah dari jumlah gol Barcelona musim ini.

Anggapan "Barcelona bisa apa tanpa Messi?" pun makin besar karena statistik nyatanya bicara demikian.

1. Delapan gelar El Pichichi, bukti keperkasaan Messi

El Pichichi 2020/21 Jadikan Messi yang Terganas di DuniaInstagram @FCBarcelona / Bintang Barcelona, Lionel Messi

Messi sudah delapan kali meraih gelar El Pichihi sepanjang kariernya di LaLiga. Torehan gol terbanyak Messi datang pada 2011/12.

Kala itu, Messi mencetak 50 gol. Catatan di musim ini jadi kedua yang terendah. Gol paling rendah Messi kala jadi El Pichichi adalah 25 saat memenangkannya pada musim 2019/20 lalu. Begitu dilansir Marca.

2. Paling ganas di LaLiga

El Pichichi 2020/21 Jadikan Messi yang Terganas di DuniaLionel Messi merayakan golnya ke gawang Villarreal. Twitter/@fcbarcelona

Prestasi individu Messi menjadi lebih sempurna ketika resmi menjadi El Pichichi paling sering. Dia merupakan pemain paling sering yang meraih El Pichichi LaLiga, mengungguli Telmo Zarra.

Sejauh ini, Zarra cuma mampu mengoleksi enam gelar El Pichichi. Disusul, Hugo Sanchez dan Alfredo Di Stefano dengan koleksi lima El Pichichi.

3. Kalahkan seluruh striker hebat dunia

El Pichichi 2020/21 Jadikan Messi yang Terganas di DuniaInstagram @FCBarcelona / Bintang Barcelona, Lionel Messi

La Pulga bukan cuma jadi pemain yang paling sering raih gelar top scorer di LaLiga. Namun, dia juga jadi yang paling sering meraihnya di dunia.

Gerd Mueller, legenda Bayern Munich, sempat meraih tujuh kali gelar top scorer Bundesliga. Lalu, Gunnard Nordahl memenangkannya lima kali bersama AC Milan pada medio 1950-an.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya