Fakta Final Copa America: Modal Brasil Bikin Messi Menangis

Brasil susah dikalahkan Argentina

Jakarta, IDN Times - Final Copa America 2021 akan menyajikan partai klasik. Dua musuh bebuyutan, Brasil dan Argentina, akan bertarung di Maracana pada Minggu (11/7/2021) pagi WIB.

Partai yang tentunya jadi idaman banyak orang. Selain fakta kalau Brasil dan Argentina seteru abadi, kehadiran dua sahabat, Neymar dan Lionel Messi, di masing-masing tim menambah bumbu dari duel ini.

Tentu, dengan kehadiran keduanya, pertarungan akan jadi lebih sengit dan menarik.

Namun, sejatinya Brasil lebih diunggulkan dalam duel ini. Sebab, mereka memiliki catatan bagus selama berkiprah di Copa America.

Seperti apa? Berikut fakta menarik duel ini, seperti yang dikumpulkan IDN Times dari berbagai sumber.

1. Brasil sempurna jadi tuan rumah

Fakta Final Copa America: Modal Brasil Bikin Messi MenangisTwitter.com/CopaAmerica

Brasil tak pernah kalah di Copa America jika statusnya tuan rumah. Dalam lima kesempatan menjadi tuan rumah, mereka menjadi juara.

Selecao jadi juara dengan status tuan rumah, pertama kali terjadi pada 1919 silam. Selanjutnya, mereka mengangkat trofi pula saat jadi tuan rumah di 1922, 1949, 1989, dan 2019.

Cuma Uruguay yang punya rekor lebih bagus ketimbang Brasil, dengan juara tujuh kali saat jadi tuan rumah.

Baca Juga: Adu Bacot Messi dan Neymar Jelang Final Copa America 2021

2. Brasil terlalu tangguh buat Argentina

Fakta Final Copa America: Modal Brasil Bikin Messi MenangisTwitter.com/CopaAmerica

Brasil juga tak terkalahkan saat jumpa Argentina di ajang kompetitif. Menariknya, catatan ini muncul hampir tiga dekade.

Skuad Brasil tak pernah kalah dari Argentina di ajang kompetitif sejak 1993. Artinya, sudah 28 tahun Argentina tak bisa menang atas Brasil di ajang kompetitif.

Total, Argentina dan Brasil sudah bertemu 100 kali di sejumlah ajang. Brasil menang 46 kali, sementara Argentina 40, dan sisanya berakhir imbang.

3. Messi di ambang rekor

Fakta Final Copa America: Modal Brasil Bikin Messi Menangisfc barcelona.com

Final Copa America kali ini juga bisa menjadi momentum buat Messi dalam mencetak rekor baru. Dua gol lagi, Messi akan menjadi pemain Amerika Selatan terproduktif di sepak bola internasional.

Saat ini, gol Messi masih 76. Catatannya masih kalah dari Pele, 77 gol. Kalau bisa cetak brace ke gawang Brasil, maka Messi melewati Pele.

Baca Juga: Neymar Mengamuk Jelang Final Copa America 2021

4. Argentina selangkah lagi jadi raja

Fakta Final Copa America: Modal Brasil Bikin Messi MenangisPemain Argentina Lionel Messi merayakan gol ketiga bersama rekan setimnya saat laga perempat final Copa America 2021 melawan Ekuador di Estadio Olimpico, Goiania, Brazil (3/7/2021). Argentina berhasil melangkah ke babak final usai memenangi pertandingan dengan skor 3-0. ANTARA FOTO/REUTERS/Diego Vara.

Satu trofi lagi, Argentina akan menjadi tim dengan trofi terbanyak di Copa America. Sejauh ini, mereka sudah merebut 14 gelar juara di ajang ini.

Catatan Albiceleste kalah satu dari Uruguay sebagai pemegang rekor terbanyak.

Argentina juga sejatinya jadi tim paling sering main di final turnamen yang berusia 105 tahun ini. Saat masuk lapangan besok pagi WIB, Argentina melakoni final ke-29 di Copa America.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya