Comscore Tracker

Fakta Kualifikasi Piala Asia: Jepang Tersubur, Timnas U-20 Bagaimana?

Timnas U-20 hanya ada di posisi enam tim tersubur

Jakarta, IDN Times - Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 nyaris selesai. Hanya Grup H yang belum digelar pertandingannya lantaran terjadi krisis politik di negara tuan rumah, Irak. Namun, dari seluruh laga yang sudah digelar tercipta fakta menarik terkait tim tersubur dan terkokoh sepanjang kualifikasi.

Setidaknya, ada dua tim yang mampu menciptakan lebih dari 20 gol. Ini merupakan catatan luar biasa, mengingat mereka melakukannya hanya dalam tiga hingga empat pertandingan. Tim mana saja?

Baca Juga: Rapor Buruk Curacao Jelang Duel Lawan Timnas Indonesia

1. Jepang trengginas

Jepang merupakan tim tersubur di Kualifikasi Piala Asia U-20. Mereka berhasil menciptakan 22 gol dalam tiga pertandingan. Hebatnya lagi, Jepang tak kebobolan sepanjang kualifikasi.

Kanta Chiba jadi top scorer di Jepang dengan mencetak sembilan gol. Pemain FC Imabari tersebut juga didaulat sebagai top scorer kualifikasi sejauh ini.

Kemudian, Yordania ada di posisi kedua. Mereka mencetak 21 gol dan hanya kebobolan dua kali saat bersaing dengan Suriah, Taiwan, Turkmenistan, dan Mariana Utara.

Timnas Indonesia U-20 ternyata cuma ada di posisi enam tim paling subur. Mereka mencetak 12 gol dari tiga laga yang dilakoni.

2. Pertahanan Timnas U-20 jadi sorotan

Fakta Kualifikasi Piala Asia: Jepang Tersubur, Timnas U-20 Bagaimana?Duel Timnas U-20 versus Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. (dok. PSSI)

Pertahanan Timnas U-20 juga jadi sorotan. Sebab, ketimbang para pemuncak klasemen di grup lainnya, Garuda Muda kebobolan tiga kali sepanjang kualifikasi. Arab Saudi sama kokohnya dengan Jepang, karena tak kebobolan.

Sementara, Yaman, Qatar, Korea Selatan, hanya kebobolan satu hingga dua kali sepanjang kualifikasi.

3. Enam pemain cetak gol buat Timnas U-20

Fakta Kualifikasi Piala Asia: Jepang Tersubur, Timnas U-20 Bagaimana?Duel Timnas U-20 versus Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. (dok. PSSI)

Timnas U-20 juga mencatatkan hal menarik lainnya. Sebab, ada enam pemain berbeda yang menciptakan 12 gol ke gawang lawan.

Zanadin Fariz, Muhammad Ferrari, dan Alfriyanto Nico, masing-masing mencetak satu gol. Sementara, tiga pemain lainnya sama-sama mencetak tiga gol. Mereka adalah Hokky Caraka, Marselino Ferdinan, dan Rabbani Tasnim.

Baca Juga: Drama 5 Gol, Timnas Indonesia Bekuk Curacao

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya