FIFA Bayar Klub Rp5,3 Triliun Demi Piala Dunia 2026 dan 2030

FIFA bikin perjanjian baru dengan ECA

Jakarta, IDN Times - FIFA baru saja meneken kerja sama baru dengan European Club Associations (ECA). Dalam kerja sama itu, FIFA sepakat akan meningkatkan pembayarannya ke klub demi mengirimkan pemain pada Piala Dunia 2026 mendatang.

Peningkatannya tak main-main. Angkanya mencapai 70 persen dari yang sebelumnya. Dengan peningkatan itu nilainya menyentuh 335 dolar Amerika Serikat atau setara Rp5,3 triliun.

1. Kerja sama berlaku hingga dua edisi Piala Dunia

FIFA Bayar Klub Rp5,3 Triliun Demi Piala Dunia 2026 dan 2030trofi Piala Dunia (fifa.com).

Lewat kerja sama itu, dilansir rilis resmi FIFA, ECA juga menyepakati format baru di Piala Dunia Klub yang menyertakan 12 klub Eropa yang dimulai 2025 nanti.

Kerja sama ini sudah disetujui dalam FIFA Council yang digelar pada 14 Maret 2023 hingga 31 Desember 2030 nanti.

Baca Juga: FIFA Kunker di Bali, Asa Piala Dunia U-20 Tetap Digelar?

2. Demi jaga stabilitas klub

FIFA Bayar Klub Rp5,3 Triliun Demi Piala Dunia 2026 dan 2030Presiden FIFA saat ini, Gianni Infantino (fifa.com)

Presiden FIFA, Gianni Infantino, menyatakan kerja sama ini sebagai titik balik dari pembentukan stabilitas bisnis sepak bola dunia. Dia berharap MoU dengan ECA bisa memperkuat dan menjaga stabilitas keuangan klub.

"Kami begitu menantikan proyek di masa depan, termasuk Piala Dunia Klub dengan format baru pada 2025 mendatang dan Piala Dunia Wanita," ujar Infantino dalam pernyataan resminya.

Baca Juga: Resmi, FIFA Tentukan Format Baru Piala Dunia 2026

3. ECA sambut kerja sama ini

FIFA Bayar Klub Rp5,3 Triliun Demi Piala Dunia 2026 dan 2030Nasser Al-Khelaifi (skysports.com)

Sementara, Chairman ECA, Nasser Al-Khelaifi, meraasa kerja sama baru ini bisa mempererat hubungan FIFA dengan klub-klub di Eropa. Lewat berbagai detail yang ada dalam MoU, Al-Khelaifi menyatakan klub-klub anggota ECA merasa begitu dihargai FIFA.

"Kami menantikan bekerja sama dengan FIFA di bulan dan tahun-tahun mendatang, berharap ada keuntungan dari sistem dan format kompetisi yang baru di kategori pria serta wanita," kata Al-Khelaifi.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya