FIFA Minta Semua Negara Pakai Nama Pele di Stadionnya

Gelora Bung Pele sempat jadi trending

Jakarta, IDN Times - Presiden FIFA, Gianni Infantino, akan meminta setiap negara anggota untuk menyematkan nama legenda Brasil, Pele, di salah satu stadionnya. Hal itu dimaksudkan untuk menghormati jasa Pele di sepak bola internasional.

Infantino melayangkan komentar itu ketika menghadiri pemakaman Pele, Senin siang (3/1/2023) waktu setempat. Bagi Infantino, wafatnya Pele merupakan kehilangan besar bagi sepak bola secara menyeluruh.

"Kami akan meminta setiap negara untuk menamai salah satu stadionnya dengan menyematkan 'Pele'," kata Infantino dilansir The Guardian.

Baca Juga: Pele Dikuburkan di Pemakaman Tertinggi Dunia

1. Stadion Maracana sempat ingin diubah namanya

FIFA Minta Semua Negara Pakai Nama Pele di Stadionnyapotret Pele (fifa.com)

Sebenarnya, penyematan nama Pele di stadion Brasil sempat dikemukakan pada April 2021 silam. Maracana Stadium, nyaris diganti namanya, menggunakan label "Pele".

Namun, rencana itu dibatalkan. Gubernur Rio de Janeiro tak setuju dan menggunakan hak veto miliknya untuk melakukan penolakan.

2. Gelora Bung Pele jadi trending

Sementara, warganet di Indonesia sudah berkoar tentang rencana dari Infantino. "Gelora Bung Pele" menjadi trending di jagat Twitter sejak siang tadi.

"Masa sih GBK diubah jadi GBP, Gelora Bung Pele," begitu cuitan @KepaArgawinata2.

"Seru juga lari pagi di Gelora Bung Pele," timpal @aldangg.

Baca Juga: Ketika Maradona dan Pele Saling Klaim Siapa Lebih Jago

3. Brasil dan dunia berduka atas Pele

FIFA Minta Semua Negara Pakai Nama Pele di StadionnyaPele (skysports.com)

Pele wafat di usianya yang ke-82. Dia meninggal setelah berjuang melawan penyakit kanker usus yang diderita selama bertahun-tahun.

Jelang Piala Dunia 2022, Qatar, bergulir, Pele sudah dilarikan ke rumah sakit karena mengalami infeksi saluran pernapasan. Sempat membaik, kondisi Pele ternyata kembali menurun.

Hingga akhirnya, keluarga memutuskan untuk memperpanjang masa rawat inap Pele, sesuai anjuran dokter. Namun, pada akhirnya Pele tutup usia.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya