Gol Ajaib Patrik Schick Ala Captain Tsubasa

Gol Patrick Schick begitu spektakuler

Jakarta, IDN Times - Patrick Schick jadi pusat perhatian kala Republik Ceko mengalahkan Skotlandia dengan skor 2-0 dalam duel penyisihan Grup C Piala Eropa 2020, Senin (14/6/2021). Selain karena jadi pahlawan, Schick mencetak gol spektakuler di laga itu.

Ceko memang menang karena aksi Schick. Dua gol kemenangan Ceko diborong olehnya. Namun, gol kedua yang menjadi sorotan karena dicetak dari jarak begitu jauh.

1. Kiper Skotlandia sampai nyangkut

Gol kedua Schick lahir di menit 52. Bermula dari skema serangan balik, Schick cuma berhadapan dengan dua pemain belakang Skotlandia.

Namun, ketika mendapatkan bola di tengah lapangan, bomber Bayer Leverkusen tersebut dengan cepat mengambil keputusan. Dia melepaskan tembakan dari dekat area lingkar tengah lapangan.

Tanpa diduga, bola meluncur deras dengan arah yang melengkung. Kiper Skotlandia, David Marshall, tak mampu membendungnya. Bahkan, Marshall sampai tersungkur hingga tersangkut di jaring gawangnya. Ceko unggul 2-0, dan itu bertahan hingga akhir laga.

Baca Juga: Curhat Pilu Pemain Denmark: Terbayang Kehilangan Eriksen

2. Bukan kebetulan semata

Schick menyatakan gol tersebut bukan kebetulan semata. Sambil bermain, dia terus memperhatikan pergerakan Marshall saat bermain.

Dari situ, Schick mengambil kesimpulan, kalau Marshall sering meninggalkan gawangnya dalam situasi menyerang.

"Selama pertandingan, saya memantau di mana kiper lawan berdiri ketika kami diserang. Ketika momen itu datang, saya mengecek beberapa saat, dan benar saja dia di luar areanya," ujar Schick dikutip situs resmi UEFA.

3. Disamakan dengan Captain Tsubasa

Gol Ajaib Patrik Schick Ala Captain TsubasaSkotlandia vs Ceko. (twitter.com/EURO2020)

Dunia maya gempar dengan gol Schick. Beberapa menyebut Schick meniru aksi dari tokoh anime, Captain Tsubasa.

Tendangan Schick memang sedikit mirip dengan jurus andalan Tsubasa, drive shoot. Bola yang ditendang oleh Schick arahnya mirip dengan teknik drive shoot Tsubasa, melengkung tak beraturan.

"Gol kedua begitu luar biasa. Dia punya banyak peluang berbahaya, selalu mengancam, menarik lawan, terlibat dalam proses serangan, dan selalu mengisi ruang kosong. Secara keseluruhan, performanya luar biasa," kata anggota tim riset teknik UEFA untuk Euro 2020, Packie Bonner.

Baca Juga: Piala Eropa 2020: Gol Ala Captain Tsubasa Antar Ceko Sikat Skotlandia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya