Comscore Tracker

Inter Milan Dijual, Harganya Hingga Rp1,8 Triliun

Suning Group memang sudah kepepet dan harus jual Inter Milan

Jakarta, IDN Times - Keteguhan pemilik Inter Milan, Suning Group, akhirnya goyah. Manajemen Suning kini mulai memikirkan untuk menjual klub ke pihak lain, seiring dengan posisi yang makin terdesak.

Tak cuma seruan dari fans, Suning juga sudah dikejar-kejar untuk membayar utang senilai 275 juta euro atau setara Rp4,1 triliun kepada Oaktree selama 20 bulan ke depan. Dengan kondisi itu, Suning pun memilih buat menjual kepemilikannya.

Suning bukan cuma harus membayar utang, namun juga obligasi. Nilainya mencapai 400 juta euro atau senilai Rp6 triliun.

1. Harganya sampai Rp18 triliun

Inter Milan Dijual, Harganya Hingga Rp1,8 TriliunAC Milan menang atas Inter Milan. (ANTARA FOTO/REUTERS/Daniele Mascolo)

Libero melansir, pemilik sudah memberikan kuasa kepada broker asal Amerika Serikat, Goldman Sachs, untuk mencari pembeli potensial. Mereka juga sudah memasang harga jual Inter, senilai 1,2 miliar euro atau senilai Rp18 triliun.

Goldman Sachs ditunjuk karena pada dua tahun lalu nyaris saja menjadi perantara Suning dengan BC Partners. Sayangnya, kesepakatan gagal terjadi.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Bayern Munich Atas Inter Milan

2. Suning memang kepepet

Inter Milan Dijual, Harganya Hingga Rp1,8 TriliunAC Milan vs Inter Milan di Coppa Italia. (ANTARA FOTO/REUTERS/Daniele Mascolo)

Kondisi keuangan Suning memang tak kunjung membaik. Mereka belum pulih total setelah China dihantam pandemik COVID-19.

Penjualan memang jadi satu-satunya cara buat Suning untuk meminimalisir risiko kerugian yang muncul di Inter. Dengan menjual Inter, mereka bisa menutup utang dan kewajiban membayar obligasi.

Masih ada uang lebih pula yang bisa didapatkan Suning. Ibaratnya, itu jadi uang balik modal.

3. Bisa jadi saudara Newcastle United

Inter Milan Dijual, Harganya Hingga Rp1,8 TriliunAC Milan vs Inter Milan (instagram.com/acmilan)

Sejauh ini, Saudi Public Investment Fund menjadi yang paling tertarik membeli Inter. PIF berniat membangun gurita bisnis di sepak bola setelah berhasil membeli Newcastle United.

Langkah PIF agak sedikit mirip dengan Red Firm Capital, yang baru saja membeli AC Milan. Dengan langkah tersebut, Red Firm Capital sukses menjadikan AC Milan dan Liverpool jadi saudara.

Baca Juga: 3 Catatan Unik dari Kemenangan AC Milan Atas Inter Milan

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya