Comscore Tracker

Juergen Klopp Ketar-ketir Tahu Ralf Rangnick Latih MU

Klopp merasa Rangnick jadi ancaman buat rival MU

Jakarta, IDN Times - Manajer Liverpool, Juergen Klopp, buka suara usai Ralf Rangnick merapat ke Manchester United. Klopp mengaku cukup khawatir ketika mendengar Rangnick bakal melatih MU.

Memang, Rangnick cuma melatih MU selama enam bulan. Tapi, Klopp menilai akan ada perubahan yang dibawa Rangnick ke Setan Merah.

Dengan statusnya sebagai penemu gegenpressing dan profesor dalam pengembangan sepak bola, Rangnick kemungkinan bakal mengubah struktur pembinaan di MU yang selama ini jadi masalah utama.

"Sialnya, manajer hebat datang ke Inggris. Itulah faktanya, dia harus ke Manchester United. Ralf manajer berpengalaman, membangun dua klub dari bukan siapa-siapa menjadi ancaman dan kekuatan baru di Jerman, bersama Hoffenheim dan Red Bull Leipzig," kata Klopp dilansir Sky Sports.

Baca Juga: Ralf Rangnick Mau Bawa Gerbongnya ke Manchester United

1. Bisa ubah peta persaingan

Juergen Klopp Ketar-ketir Tahu Ralf Rangnick Latih MURalf Rangnick Asal Jerman (football365.com)

Klopp yakin kedatangan Rangnick ke MU akan mengubah peta persaingan di Premier League. MU, diprediksi Klopp, akan bermain lebih rapi dan terorganisir bersama Rangnick.

Suka atau tidak, menurut Klopp, semua tim harus siap menghadapi kebangkitan Setan Merah yang selama ini memang diharapkan fans. Modalnya kuat, karena selain punya Rangnick, mereka memiliki barisan bintang yang luar biasa.

"Tentu, ini bukan kabar bagus buat semua tim di Inggris. Kami harus siap menghadapi MU yang bermain rapi," ujar Klopp.

2. Rangnick, The Godfather of Gegenpressing

Juergen Klopp Ketar-ketir Tahu Ralf Rangnick Latih MURalf Rangnick sempat menangani RB Leipzig di Bundesliga. (twitter.com/DTransferencias)

Rangnick memang punya jasa besar terhadap perkembangan sepak bola Jerman dan Eropa. Dia merupakan penemu sistem gegenpressing.

Meski tak punya catatan trofi yang mentereng, idenya dalam skema bermain telah melahirkan sejumlah pelatih hebat pula.

Klopp bersama Thomas Tuchel adalah dua murid terbaik Rangnick. Keduanya meniru dan mengembangkan skema gegenpressing yang dikembangkan Rangnick. Makanya, jangan heran kalau Klopp dan Tuchel menaruh rasa hormat kepada Rangnick.

Baca Juga: Ralf Rangnick Bisa Bikin Manchester United Lebih Atraktif

3. Masih urus izin kerja

Juergen Klopp Ketar-ketir Tahu Ralf Rangnick Latih MUskysports.com

Sampai sekarang, MU masih menunggu kedatangan Rangnick. Dokumen yang dibutuhkan buat izin kerja Rangnick sampai sekarang masih diurus.

Jika prosesnya mulus, Rangnick kemungkinan baru tiba pada awal pekan depan. Duel melawan Arsenal pada 2 Desember 2021, bisa jadi momen debut baginya.

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya