Kesaksian Menegangkan Wasit Piala Eropa saat Eriksen Kolaps

Anthony Taylor jadi orang pertama yang tahu Eriksen kritis

Jakarta, IDN Times - Setelah sekian lama, wasit Piala Eropa 2020 yang memimpin laga Finlandia versus Denmark, Anthony Taylor, buka suara soal insiden kolaps Christian Eriksen. Taylor mengaku insiden Eriksen membuatnya trauma.

Taylor menjadi salah satu orang pertama yang menyaksikan Eriksen kolaps. Saat Eriksen jatuh, Taylor langsung mendekati dan melihat ekspresi wajah Eriksen yang mengkhawatirkan.

Dari wajahnya saja, Taylor tahu kalau Eriksen sedang berjuang melawan maut. Maka dari itu, dia langsung menginstruksikan agar tim medis masuk lapangan.

"Saya 10 meter di depannya. Lalu, saya melihatnya, tak ada orang di dekatnya. Saya bisa lihat dengan jelas ada yang salah. Ketika melihat wajahnya, ada yang serius," ujar Taylor dikutip The Sun.

1. Jadi tanggung jawab wasit

Kesaksian Menegangkan Wasit Piala Eropa saat Eriksen KolapsChristian Eriksen sedang fokus bermain sepak bola. (www.goal.com)

Taylor tak mau buang waktu. Dia langsung memanggil tim medis ke lapangan dan menginstruksikan agar bergerak lebih cepat.

Namun, kala itu Taylor belum tahu sebenarnya Eriksen bermasalah dengan apa. Hanya saja, dia sudah ada firasat kalau Eriksen sedang bertarung menyelamatkan nyawanya.

"Wasit punya tanggung jawab atas keselamatan pemain. Kami harus cepat memberikan ruang kepada mereka mendapat perawatan medis agar kondisinya lebih baik," ujar Taylor.

Baca Juga: Christian Eriksen Terancam Tak Bisa Tampil di Serie A

2. Pahlawan sebenarnya

Kesaksian Menegangkan Wasit Piala Eropa saat Eriksen Kolapspotret Simon Kjaer bersama Timnas Denmark(sempremilan.com)

Menurut Taylor, kapten Denmark, Simon Kjaer, merupakan pahlawan sebenarnya. Sebab, ketika Taylor menghentikan laga dan memanggil tim medis, Kjaer dengan cepat mendekati rekannya itu.

Kjaer tanpa ragu melakukan pertolongan pertama terhadap Eriksen. Karena aksinya, Eriksen bisa terselamatkan nyawanya.

"Pahlawan sebenarnya memang Simon dan dokter. Saya ingat jelas ada anggota keamanan yang datang dan meminta izin agar istrinya bisa masuk ke lapangan. Sebenarnya tak masuk akal, tapi buat situasi ini, bukan masalah," jelas Taylor.

3. Berani langgar aturan demi kemanusiaan

Kesaksian Menegangkan Wasit Piala Eropa saat Eriksen KolapsChristian Eriksen acungkan jempol dan ucapkan terima kasih. (Twitter.com/@dbulandshold)

Hadirnya sang istri, menurut Taylor, bisa menjadi dukungan moral bagi Eriksen buat berjuang demi nyawanya. Taylor paham betul tentang hal tersebut.

Sebab, selain bekerja sebagai wasit, Taylor merupakan sipir penjara. Pekerjaan itu sudah dilakoninya selama 10 tahun.

Ketika menjaga hotel prodeo, Taylor menyaksikan banyak tahanan yang sakit dan mengalami depresi. Beberapa dari mereka bahkan mencoba bunuh diri.

"Jadi, Anda harus tahu ketika ada orang yang butuh pertolongan," ujar Taylor.

Baca Juga: Joakim Maehle: Dinamit Denmark Bangkit dari Trauma Eriksen

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya